Begini Wujud Interior Stasiun MRT Senayan!

Begini Wujud Interior Stasiun MRT Senayan!
info gambar utama

Sebentar lagi proyek Mass Rapid Transit (MRT) dapat dinikmati warga DKI Jakarta. Tepatnya di bulan Maret 2019. Jika tidak ada aral melintang maka kehadiran MRT tentunya akan memberikan fasilitas yang mumpuni bagi masyarakat Jakarta.

Diketahui hingga saat ini pekerjaan sipil proyek tersebut telah mencapai angka 96,54 persen. Rinciannya 95,36 persen untuk pekerjaan depo dan jalur layang. Sementara pekerjaan jalur bawah tanah mencapai 97,71 persen.

Kondisi Terkini MRT Senayan | Sumber dok: Kompas
info gambar

Berdasarkan kunjungan yang dilakukan Kompas di salah satu stasiun yang tengah dibangun yakni Stasiun Senayan, yang menjadi stasiun bawah tanah pertama yang berada di ujung Jalan Jenderal Sudirman. Stasiun tersebut diketahui dapat diakses melalui dua pintu masuk yang berada di depan dan di seberang mal. Saat ini, keduanya pun masih dalam tahap penyelesaian akhir.

Dalam memberikan kemudahan warga untuk mengakses area concourse dan peron stasiun, maka pengelola PT MRT Jakarta berupaya untuk menyediakan dua buah tangga dan satu unit ekskalator di masing-masing pintu masuk. Selain itu turut ada dua unit lift di sana.

Kondisi Terkini MRT Senayan | Sumber dok: Kompas
info gambar

Disebut bahwa stasiun ini memiliki panjang sekitar 200 meter dan lebar 19 meter. Ketika warga turun ke dalam stasiu, mereka akan mendapati area concourse atau area komersial yang berada di kedalaman tiga meter dari permukaan jalan.

Lebih lagi, selain dapat membeli tiket melalui mesin tiket elektronik, pihak pengelola juga menyediakan petugas tiket box untuk membantu warga mendapatkan kemudahan tiket. Di samping itu, turut terdapat beberapa fasilitas umum lainnya seperti toilet, ruang menyusui, toserba, hingga atm center.

Kondisi Terkini MRT Senayan | Sumber dok: Kompas
info gambar

Selain itu, untuk menuju peron atau tempat tunggu kereta, pihak pengelola juga menyediakan dua unit tangga, dua unit ekskalator, dan satu unit lift. Keberadaan lift ini tentunya dapat memberikan kemudahan bagi para penumpang penyandang disabilitas.

Area peron sendiri terbilang cukup luas dan dilengkapi dengan sistem sirkulasi udara yang baik, sehingga mampu memberikan kenyamanan lebih bagi para penumpang. Di beberapa titik diketahui juga terdapat CCTV untuk memberikan rasa aman pada penumpang.

Melalui hal tersebut diketahui bahwa secara keseluruhan pekerjaan konstruksi stasiun yang didominasi warna cokelat dan abu-abu ini telah mencapai 96,48 persen. Lebih lagi sebagai transporasi publik, stasiun MRT Senayan juga terintegrasi dengan Halte TransJakarta. Di samping itu, turut terdapat sejumlah moda transportasi lain yang melewati stasiun tersebut seperti halnya APB, PPD, Kopaja, hingga Metromini.

Dengan hadirnya MRT ini nantinya dapat menjadi wadah untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi, yang mampu mengurangi tingkat kemacetan di Jakarta.


Sumber: Kompas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini