Berkunjung ke Satu-satunya Pantai Air Panas di Indonesia

Berkunjung ke Satu-satunya Pantai Air Panas di Indonesia
info gambar utama

Pantai berpasir putih dan berair jernih, yang tenang maunpun berombak, mungkin sudah sering kita lihat. Tapi bagaimana dengan pantai berair panas?

Jika berkunjung ke Sulawesi Utara, sempatkan waktu untuk menyambangi Pantai Temboko Lehi di Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Tempat ini berada sekitar 137 kilometer dari pusat kota Manado, ibukota Sulut. Bisa jadi, jarak yang cukup jauh membuat namanya tak begitu familiar di telinga banyak orang. Tapi, kini ada alasan mengapa jaraknya yang jauh akan terbayar tuntas.

View this post on Instagram

Berbeda dari kebanyakan, Pantai Temboko Lehi di Sulawesi Utara memiliki air yang bersuhu panas. Bahkan Temboko Lehi disebut merupakan satu-satunya pantai air panas di Indonesia. Berjarak 137 kilometer dari Manado, membuat pantai yang biasa disebut Pantai Lehi ini belum banyak tersentuh oleh wisatawan. Tapi banyak backpacker akhirnya berhasil menemukan pantai yang berada di Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) itu. Perjalanan mneuju pantai dapat ditempuh dengan perahu dari Pelabuhan Manado selama empat jam.

A post shared by Leo Manguleh (@leo.manguleh) on

Pantai Lehi ini ternyata terletak di kaki gunung api Karengetang yang masih aktif. Karena itulah di sepanjang garis pantai, air akan terasa panas. Bagi yang suka bermain istana pasir, dapat menyaksikan uap air panas muncul dari dalam galian pasir. Bahkan hebatnya lagi, air lautnya pun tidak asin seperti air laut pada umumnya. Sehingga membuat ikan-ikan tidak berani mendekat dan hidup di kawasan perairan Pantai Lehi. Telur mentah pun bisa matang jika dicelupkan ke pantai ini. Hal itu menandakan jika suhu air sangat panas, sehingga para wisatawan tidak diperbolehkan sembarangan masuk ke dalam pantai. Bila ingin berenang dapat menuju sebuah kolam kecil yang ada di sekitar pantai. Kolam tersebut merupakan bak pemandian yang telah lama digunakan oleh warga setempat untuk keperluan mandi. Jangan khawatir, karena air di kolam tersebut tidak terlalu panas namun cukup hangat. #pantaiairpanas #pantailehi #lehi #sulawesiutara #exploresulut #exploresulawesi #exploreindonesia #trip #holiday #vacation #indonesia #visitindonesia #wonderfullindonesia #instagram #instalike #instagammer #traveler #travelling #backpacker

A post shared by Beranjak (@beranjakdotcom) on

Berbeda dari kebanyakan, Pantai Temboko Lehi di Sulawesi Utara memiliki air yang bersuhu panas. Bahkan Temboko Lehi disebut merupakan satu-satunya pantai air panas di Indonesia. Posisi pantai di kaki gunung api Karangetang yang masih aktif membuat air akan terasa panas hampir di sepanjang garis pantai. Bagi yang suka bermain istana pasir, dapat menyaksikan uap air panas muncul dari dalam galian pasir.

Letak Pantai Temboko Lehi | google maps
info gambar

Ada yang unik lagi, yakni air lautnya pun tidak asin seperti air laut pada umumnya., dan ikan-ikan pun tidak berani mendekat dan hidup di kawasan perairan Pantai Lehi.

Temboko Lehi. ©Instagram/irtonpaez
info gambar

Telur mentah pun bisa matang jika dicelupkan ke pantai ini, pertanda suhu air sangat panas, sehingga para wisatawan tidak diperbolehkan sembarangan masuk ke dalam pantai.

Temboko Lehi bisa dicapai dengan perjalanan laut selama empat jam dari Manado. Jangan lewatkan panorama senjanya yang fotogenik, terutama sepanjang musim kemarau.

(Dari berbagai sumber)

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini