Global Peace Index Terbaru, Inilah Peringkat Negara Paling Damai di Asia Tenggara

Global Peace Index Terbaru, Inilah Peringkat Negara Paling Damai di Asia Tenggara

Ilustrasi © Foto: Tyler Nix on Unsplash

Berbicara mengenai perdamaian, setiap orang dari latar belakang yang berbeda akan memberikan respon yang berbeda jika dimintai pendapat mengenai perdamaian. Negara-negara yang paling damai menikmati tingkat suku bunga yang lebih rendah, mata uang yang lebih kuat, dan investasi asing yang lebih tinggi - belum lagi stabilitas politik yang lebih baik dan korelasi yang lebih kuat dengan tingkat individu dari kebahagiaan yang dirasakan.

Sedihnya, dampak ekonomi dari kekerasan juga dapat diukur: dalam skala global, pada tahun 2017, jumlah paritas daya beli (PPP) sebesar $ 14,76 trilyun, atau 12,4% dari total produk domestik bruto global (jika skala angka-angka ini membuat penjelasannya sedikit sulit untuk dipahami, kita berbicara mengenai 1.988 dolar Amerika untuk setiap orang yang ada di planet ini).

Sumber: visionofhumanity.org
Sumber: visionofhumanity.org

Hal ini adalah pesan yang paling signifikan dari Global Peace Index 2018 (GPI) yang disusun oleh lembaga think-tank internasional untuk Ekonomi dan Perdamaian (IEP) yang mencakup 163 negara bagian dan teritori independen yang menampung 99,7% dari populasi dunia. Peringkat, yang didasarkan pada 23 indikator dikelompokkan ke dalam tiga kriteria (keselamatan dan keamanan sosial, tingkat konflik domestik, dan internasional yang sedang berlangsung dan tingkat militerisasi), menggambarkan gambaran yang serius: perdamaian global telah menurun sebesar 0,27% dibandingkan dengan tahun lalu, Penurunan tahunan keempat secara berturut-turut, membuat dunia berada di dalam situasi tidak se-damai kurun waktu manapun dalam dekade terakhir. Sementara itu, jumlah pengungsi telah meroket menjadi 1% dari populasi global, tingkat tertinggi dalam sejarah modern.

Sumber: visionofhumanity.org
Sumber: visionofhumanity.org

Untuk ke 11 kalinya secara berturut-turut, sebuah negara kecil yang berada di sebelah utara Eropa, Islandia menempati peringkat pertama menyandang predikat negara paling aman di dunia. Dengan jumlah populasi 300,000 orang, tingkat kejahatan di Islandia amat rendah, dengan perbandingan hanya 1.8 pembunuhan per 100,000 orang per tahunnya.

Sumber: BBC Travel
Sumber: BBC Travel

Kedamaian juga berkorelasi dengan kinerja yang kuat pada sejumlah variabel makroekonomi. Suku bunga lebih rendah dan lebih stabil di negara-negara yang memiliki tingkat kedamaian tinggi, begitu pula tingkat inflasi. Investasi langsung asing lebih dari dua kali lebih tinggi di negara-negara yang memiliki tingkat kedamaian tinggi. Secara total, jika negara dengan tingkat kedamaian terendah bertumbuh pada kecepatan yang sama dengan negara yang memiliki tingkat kedamaian tinggi, ekonomi global akan meningkat menjadi hampir 14 triliun dolar lebih besar.

Di Asia Tenggara, Singapura menempati urutan teratas sementara Filipina berada di garis bawah. Berikut peringkat lengkapnya:

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Sumber: IEP


Sumber: Seasia.co

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih29%
Pilih SenangSenang7%
Pilih Tak PeduliTak Peduli7%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau7%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Satu Lagi yang Baru dari Garuda Indonesia Sebelummnya

Satu Lagi yang Baru dari Garuda Indonesia

1001 Cerita Dari Tanah Lot Pulau Jawa Selanjutnya

1001 Cerita Dari Tanah Lot Pulau Jawa

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.