Mengembangkan Keindahan Alam pada Desa Wisata Sragi dan Songgon Banyuwangi

Mengembangkan Keindahan Alam pada Desa Wisata Sragi dan Songgon Banyuwangi
info gambar utama

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang kini sedang populer karena banyaknya wisata dan kebudayaaan di dalamnya. Pemerintah daerah bersama masyarakat bersinergi untuk membangun Banyuwangi yang lebih baik, salah satunya dalam bidang pariwisata. Hal ini telah ditunjukkan pada desa Sragi dan Songgon yang berusaha mengoptimalkan sumber daya alam menjadi potensi wisata alam yang bernuansa sejuk, asri, dan kekinian.

Desa Sragi dan Songgon berada di lereng Gunung Raung, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Saat ini pengembangan desa ini lebih terkonsentrasi pada bidang wisata. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya berbagai lokasi wisata alam yang menarik perhatian publik. Terdapat beberapa destinasi wisata alam diantaranya Air Terjun Telunjuk Raung, Air Terjun Lider, Air Terjun Selendang Arum, Air Terjun Bayu Lor Songgon, Air Terjun Pertemon, dan Air Terjun Giri Asih. Tak hanya air terjun, di desa ini juga dapat ditemukan destinasi wisata buatan berupa penginapan yaitu Villa Bejong, spot foto bernuansa alam di Hutan Pinus Songgon, sensasi berenang di daerah pegunungan dan spot foto menarik di Green Gumuk Candi, serta mencoba foto dari ketinggian di Bukit Mondoleko Sragi (Mondoleko Hill Sragi). Bagi yang hobi arung jeram juga bisa mencoba di KARO Adventure dan X-BADENG Adventure Banyuwangi. Selain itu juga terdapat wisata yang merupakan tapak tilas dari Kerajaan Blambangan yaitu Rowo Bayu.

Pemerintah daerah juga mengadakan berbagai festival di kedua desa ini untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung. Festival tersebut diantaranya Lider Adventure Festival (susur sungai), A Week Songgon, Festival Buah Songgon, dan Festival Rowo Bayu. Beberapa acara mingguan seperti pagelaran seni tari dan musik tradisional juga ditampilkan. Hal ini juga didukung dengan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat setempat untuk mengembangkan desa tersebut menjadi kawasan wisata yang mengkolaborasikan unsur alam dan tradisi budaya agar tetap terlestarikan dengan baik.

Hingga saat ini pengembangan secara infrastruktur terus dibangun untuk memperlancar akses wisatawan yang berkunjung. Masyarakat juga sangat diuntungkan dengan perkembangan desa yang signifikan karena dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat desa melalui sektor wisata setempat. Desa Songgon dan Sragi telah menjadi salah satu 'Smart Kampung' yang berhasil sebagai desa wisata di Kabupaten Banyuwangi.


Sumber: banyuwangikab.go.id | banyuwangibagus.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini