7 Kota di Dunia ini Memiliki Tempat 'Ngopi' Istimewa versi Forbes

7 Kota di Dunia ini Memiliki Tempat 'Ngopi' Istimewa versi Forbes
info gambar utama

Indonesia sudah lama dikenal sebagai negara penghasil kopi, tepatnya terbesar keempat di dunia. Selain itu, Indonesia juga sebagai negara pengekspor kopi robusta terbesar kedua. Bahkan sejak abad ke 16, Indonesia dikenal sebagai surga kopi.

Kabar baiknya, ternyata Indonesia masuk ke dalam 7 kota di dunia dengan suguhan kopi terenak dan istimewa versi majalah Forbes. Berikut adalah daftar nya :

.

Vienna, Austria

sumber : wikimedia
info gambar

Diposisi pertama adalah negara yang memiliki budaya ngopi, yaitu Vienna, Austria. Banyak tempat istimewa di kota ini yang mendapat World Heritage Site oleh UNESCO, tepatnya pada tahun 2011. Salah satu tempat yang memiliki nilai sejarah adalah Café Schwarzenberg. Cafe tersebut telah berdiri sejak abad ke-19.

.

Ho Chi Minh City, Vietnam

Sumber : nadiasigit.com
info gambar

Kota Hanoi mengenal kopi sejak abad ke-19. Saat itu bangsa Perancis sedang menjajah wilayah tersebut. Biasanya kopi akan dipadukan dengan susu kental manis, namun kopi vietnam ini memiliki beberapa keunikan, yaitu menambahkan kuning telur sampai yogurt untuk menambah kenikmatan kopinya.
Tempat terbaik menikmati kopi Vietnam adalah Shin Coffee di Saigon kuno. Selain itu di Kenh Te Canal, coffee shop yang terkenal ini berlokasi di perahu.

.

Milan, Italia

sumber : flawlessmilano.com
info gambar

Italia, tepatnya di Milan, seperti 'rumah' bagi kopi enak. Espresso, Cappuccino, hingga Macchiato semuanya berawal dari sini. Jika kawan berwisata ke Milan, cobalah kunjungi coffee shop enak di Orsonero, Marchesi, Taglio, CafféNapoli dan MoleskineCafé.

.

Sao Paulo, Brazil

sumber : sprudge
info gambar

Bicara soal Brazil, negara ini adalah produsen kopi terbesar di dunia. Pencapaian ini sudah mereka raih selama lebih dari 150 tahun. Yang terkenal adalah biji kopi Arabica dan Robusta dari Brazil.

Sao Paulo adalah rumah bagi banyak coffee shop dan roaster kopi. Jika ingin menyicipi kopi tradisional, coba datang ke Sofá Café, Café Floresta dan The Little Coffee Shop. Atau ingin yang lebih serius soal kopi wajib mampir ke Coffee Lab, pengunjung mencicipi berbagai jenis kopi Brazil dengan aneka metode penyeduhan.

.

Istanbul, Turki

sumber : like a local guide
info gambar

Kopi Turki terkenal dengan rasa yang kuat dan manis, memiliki ciri full-body karena dibuat dari kopi yang tidak difilter. Kopi Turki disajikan di cangkir porselen bernama fincan.
Pierre Loti Café dan Fazil Bey's Turkish Coffee House adalah tempat untuk mencicipi kopi otentik turki.

.

Jakarta, Indonesia

sumber : wanderbites
info gambar

Ibu kota Jakarta masuk dalam daftar Forbes ini. Masyarakat Indonesia sepertinya tidak bisa jauh dari kopi dalam keseharian mereka. Banyak biji kopi berkualitas dari Indonesia seperti Java, Sumatran, Toraja dan Gayo bisa dicicip di Indonesia. Yang unik adalah kopi luwak, berasal dari kotoran hewan luwak.
Dikutip dari DetikFood, beberapa tempat yang disarankan untuk menikmati kopi adalah Lucky Cat Coffee and Kicthen, Trafique Coffee dan Bakeol Koffie. Kalau mau mencari kopi tradisional Indonesia, kawan dapat mengunjungi Anomali dan Common Grounds.

.

Seattle, Washington, AS

sumber : hiconsumption
info gambar

Kota terakhir yang bisa dikunjungi adalah kota kelahiran Starbucks, yaitu Seattle, Washington, Amerika Serikat. Selain Starbucks, pencinta kopi bisa cicip kopi di kafe indie. Seperti di Elm Coffee Roasters, Lighthouse Roasters, Analog Coffee atau Victrola Coffee Roasters.
--

Sumber : Forbes, DetikFood

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini