Seniman Indonesia Menangi Painting of The Year Pada Kompetisi UOB Asia Tenggara

Seniman Indonesia Menangi Painting of The Year Pada Kompetisi UOB Asia Tenggara
info gambar utama

Seniman Indonesia Suvi Wahyudianto, 26 tahun, meraih penghargaan UOB Asia Tenggara 2018 Award of the Year kemarin (05/11/18) untuk Angs't (ANGST), yang mengeksplorasi tema empati dan harmoni sosial.

Karya seni ini juga menguji pentingnya merangkul perbedaan rasial dan budaya, melalui penggunaan berbagai bahan, termasuk enamel plastik dan resin.

Mengacu pada ketegangan antaretnis di Sampit, di Kalimantan Tengah, pada bulan Februari 2001, Wahyudianto berkata: "Saya ingin berbagi pentingnya empati sebagaimana di bawah kulit kita; kita semua terbuat dari daging yang sama."

Panel juri mengatakan terkesan oleh kemampuannya untuk membangkitkan rasa empati terhadap komunitas yang terlibat dalam konflik sosial.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Tamu kehormatan Baey Yam Keng, Sekretaris Parlemen Senior untuk Kementerian Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda, dan Kementerian Transportasi, memberikan penghargaan di Victoria Theatre, Singapura kemarin.

Kompetisi ini telah meliput karir seniman terkenal, termasuk penerima Medali Budaya Singapura Chua Ek Kay dan Anthony Poon.

Sebelum penghargaan regional ini diperkenalkan pada tahun 2013, peserta dalam kompetisi UOB Painting of the Year hanya akan bersaing di negara-negara Asia Tenggara masing-masing - Thailand, Malaysia, Indonesia dan Singapura.

Pemenang Singapura tahun ini termasuk Khairulddin Abdul Wahab, 28, yang meraih penghargaan UOB Painting of the Year (Singapura) untuk karyanya, Rite Of Passage, yang menggambarkan adegan dari ritual mandi minyak; dan Hu Jingxuan, 29, yang memenangkan penghargaan Artis Paling Menjanjikan Tahun Ini (Singapura) untuk karya medianya yang beragam, Encapsulated Time, di mana ia mengeksplorasi ide-ide batas budaya dan konteks sosial yang berkembang.

Lukisan pemenang dari kompetisi akan dipamerkan di Galeri Seni UOB, UOB Plaza 1, di 80 Raffles Place, Singapura dari 9 November hingga 28 Februari tahun depan.


Sumber: The Strait Times

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini