Pasar Tomohon, Pasar untuk Pengunjung Bernyali Besar

Pasar Tomohon, Pasar untuk Pengunjung Bernyali Besar

Pedagang di Pasar Tomohon © IniManado

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Pasar tradisional, biasanya digunakan untuk menjual bahan-bahan makanan pokok. Variasi lainnya adalah barang-barang berbahan plastik atau perkakas ringan lainnya. Namun pasar yang satu ini justru berbeda, sampai dilabeli sebagai salah satu pasar paling ekstrem di dunia.

Pasar Beriman Tomohon namanya, yang berlokasi di Minahasa, Sulawesi Utara. Di pasar tersebut, beberapa bahan makanan yang dijual tidak biasa, antara lain daging anjing, daging kucing, daging kelelawar, daging tikus, dan inilah dua yang paling mencengangkan: daging biawak dan daging ular piton!

Bukan tanpa sebab hewan-hewan itu dijual dagingnya secara bebas di Pasar Beriman Tomohon. Sebab, memang di Minahasa terkenal dengan olahan daging-daging itu. Biasanya, masyarakat setempat memasaknya dengan bumbu rica-rica.

Daging anjing misalnya, yang di Minahasa kerap disingkar dengan sebutan RW (Rintek Wuuk), paling populer dimasak dengan campuran cabe, jahe, serai, kunyit, bawang merah, daun jeruk, dan bumbu lainnya. Begitu pula dengan daging kucing, yang cara penyajiannya juga mirip daging RW.

Suasana Pasar Tomohon | Cumi Lebay
Suasana Pasar Tomohon | Cumi Lebay

Sementara itu untuk daging tikus, yang dijual bukan tikus sembarangan. Hanya tikus dari hutan atau yang dikenal dengan sebutan Kawok, yang ditandai dengan ekor berwarna putih. Oleh karenanya, Kawok yang dijual di Pasar Beriman Tomohon seluruh badannya dibakar kecuali ekor, untuk meyakinkan pembeli kalau itu bukan tikus rumah.

Penyajian dengan cara dibakar juga berlaku untuk daging kelelawar. Paniki nama masakan yang menggunakan daging kelelawar, dan merupakan salah satu makanan khas Minahasa.

Kemudian yang paling spesial adalah daging ular piton dan biawak, yang tidak setiap hari ada di pasar. Daging piton paling nikmat disantap dengan cita rasa pedas, yang berasal dari campuran bumbu-bumbu cabe rawit, lengkuas, minyak kelapa, bawang, daun jeruk, dan serai. Begitu halnya dengan biawak yang disajikan sebagai makanan khas Minahasa.

Daging ular piton | Yoseph Ikanubun/Liputan6
Daging ular piton | Yoseph Ikanubun/Liputan6

Hmm… menu masakan yang menarik ya, Kawan GNFI? Apakah kamu tertarik mencobanya? Tapi sebelumnya, apakah kamu punya cukup nyali untuk masuk ke Pasar Tomohon?


Sumber: Liputan6

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga11%
Pilih SedihSedih59%
Pilih SenangSenang2%
Pilih Tak PeduliTak Peduli4%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau24%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Mengenal DreadOut, Video Game Indonesia Yang Berhasil Menarik Lirikan Internasional Sebelummnya

Mengenal DreadOut, Video Game Indonesia Yang Berhasil Menarik Lirikan Internasional

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya Selanjutnya

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.