Beberapa Makanan Khas yang Go-Internasional Ini Bisa Jadi Ide Bisnismu. Apa Saja?

Beberapa Makanan Khas yang Go-Internasional Ini Bisa Jadi Ide Bisnismu. Apa Saja?
info gambar utama

Memulai bisnis bisa kapan saja, namun ide untuk membuat satu bisnis terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama. Rasa takut akan kegagalan menjadi tembok penghalang kita untuk meraih kesuksesan. Salah satu cara untuk memulai memikirkan ide bisnis kawan bisa menggunakan prinsip ATM, yaitu amati, tiru dan modifikasi. Contohnya saja dewasa ini banyak sekali bisnis makanan yang berkembang dan bahkan penjualannya hingga ke luar negeri.
Apalagi saat ini banyak sekali makanan atau kuliner khas Indonesia yang digemari oleh masyarakat internasional. Dari sini lah kawan bisa mengambil contoh kira-kira bisnis apa yang bisa kawan coba.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sangat digemari oleh masyarakat internasional dan contoh bisnis yang bisa kawan GNFI coba :

1. Rendang

Sudah tidak diragukan lagi rendang adalah makanan khas Indonesia yang masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia versi CNN. kabar ini telah tersebar di berbagai negara sehingga makanan ini menjadi makanan yang dicari-cari ketika para wisatawan asing datang ke Indonesia. Bagi masyarakat Indonesia daging rendang termasuk menu yang cukup bergengsi dibandingkan menu makanan yang lainnya, karena terbuat dari daging yang dimasak cukup lama dan rempah-rempah yang banyak macamnya. Ternyata restoran masakan khas Padang yang menjual menu rendang telah dibuka di beberapa negara di dunia. Contohnya saja Salero kito di Melbourne, Salero Minang di Belanda, dan warung Padang sejuta rasa di London.

Sumber : money.id
info gambar

2. Nasi Goreng

Sumber : Liputan6
info gambar

Salah satu makanan terlezat versi CNN setelah rendang yaitu nasi goreng. Menu makanan ini juga sangat digemari oleh wisatawan asing. Nama nasi goreng dan mie goreng menjadi nama menu yang paling diingat oleh wisatawan asing jika datang ke Indonesia. Di Indonesia, nasi goreng memiliki banyak macamnya dan harga yang bervariatif.
Karena memiliki nama yang sangat dikenal oleh masyarakat internasional kawan dapat menjual nasi goreng di luar negeri, khususnya jika kawan sedang berkuliah di sebuah universitas di luar negeri dan sedang ada bazar di kampus kalian.

3. Sambal

sumber : moneysmart.id
info gambar

Bagi Anda yang tidak bisa makan enak tanpa adanya sambal, mulai sekarang anda bisa mencoba bereksperimen untuk membuat sambal yang sedap. Anda dapat mencoba berbisnis sambal dengan resep yang anda buat sendiri. Contoh penjual sambal yang sukses menjual produknya hingga ke luar negeri adalah sambal Bu Rudy dan Sambal Cok khas Surabaya.
Beberapa waktu lalu sambal buatan industri kecil menengah tersebut dikirim atau diekspor ke luar negeri dengan negara tujuan Australia dan sejumlah negara lainnya di Asia.

4. Sate

sumber : travelaper
info gambar

Sate adalah makanan yang mendunia dan banyak disukai oleh masyarakat internasional, contohnya ketika di festival internasional bazar di Tiongkok beberapa tahun lalu.
Contoh bisnis yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat adalah sate ondomohen Surabaya.
Karena rasa yang lezat, kabarnya sate tersebut pernah diekspor atau dikirim langsung ke Malaysia.

Dari beberapa contoh diatas Anda bisa memilih salah satu atau mencoba semuanya untuk berbisnis tapi yang harus ditekankan adalah sesuatu yang besar dimulai dari kecil, tidak semua bisnis akan cepat menjadi besar perlu adanya kesabaran dan konsisten di bisnis tersebut.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini