Indonesia Nol Kartu di Piala Dunia

Indonesia Nol Kartu di Piala Dunia

Logo Homeless World Cup © homelessworldcup.org

Turnamen Homeless World Cup (HWC) 2018 resmi berakhir, dan Indonesia harus puas berada di peringkat 10. Meski demikian, ada satu penghargaan prestisius yang sukses dibawa pulang, yaitu Richard Ishmail Fair Play Award atau Piala Fair Play.

Penghargaan itu diberikan ke Indonesia lantaran selama partisipasi di turnamen tahun ini, timnas Indonesia sama sekali tak mendapat kartu kuning ataupun merah, dan tidak sekalipun melakukan protes ke wasit. Perilaku tersebut sangat mencerminkan budaya fair play di sepak bola.

“Tentunya penghargaan ini tidak disangka-sangka. Bagi kami ini melebihi kemenangan atas apa pun di HWC,” ucap manajer tim Indonesia, Yana Suryana, dalam siaran persnya. Yana melanjutkan, bahwa ini adalah raihan pertama Indonesia, sejak ikut berkompetisi di HWC pada 2011.

Launching tim Homeless World Cup 2018 | Foto: VoA Indonesia
Launching tim Homeless World Cup 2018 | Foto: VoA Indonesia

Indonesia membawa 8 pemain di turnamen HWC 2018. Mereka adalah Rizal Ferdian Somawijaya, (24), Eva Dewi Rahmadiani (34), Dego Z. Arifin (25), Adam Riyaldi (21), Miftaul Maarif (19), M. Fajar Priatna (25), Samsul Rizal (26), dan Yandi Abdul Rajab (24).

Latar belakang mereka beragam. Ada yang mengidap HIV, ada yang dulunya pengguna narkoba, ada mantan narapidana, dan ada yang berasal dari keluarga kurang mampu. HWC sendiri memang diadakan sebagai ajang kompetisi olahraga untuk peserta yang inging mengubah dirinya melalui sepak bola jalanan (street soccer).

Di laga pamungkas, tim Indonesia sebenarnya berpeluang menyabet Fundación Carlos Slim Trophy. Berhadapan dengan Rusia, Indonesia unggul cepat 1-0 di menit awal, tapi di akhir laga dibungkam lawannya dengan skor 3-9.

Selain Fair Play Award dan trofi juara turnamen, penghargaan lain di HWC adalah tim pendatang baru terbaik yang dimenangkan oleh tim Kolombia, kemudian penghargaan individu lainnya untuk pemain terbaik putra dan putri, serta pelatih terbaik putra dan putri.


Sumber: The Jakarta Post, Kompas

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi25%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ranking Terbaru BWF: Indonesia Dominasi Papan Atas Sebelummnya

Ranking Terbaru BWF: Indonesia Dominasi Papan Atas

Pulau-Pulau yang Sangat Bagus di Kepulauan Seribu Selanjutnya

Pulau-Pulau yang Sangat Bagus di Kepulauan Seribu

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.