Eksplorasi Situs Peradaban Kuno di Maluku

Eksplorasi Situs Peradaban Kuno di Maluku
info gambar utama

Badan Arkeologi Maluku telah mengeksplorasi beberapa situs peradaban kuno di provinsi Maluku.

Dikutip dari Antara, eksplorasi tersebut berlangsung selama 28 hari terhitung dari tanggal 18 Oktober hingga 10 November.

Lokasi yang menjadi fokus eksplorasi adalah Lokki dan Allang Asaude di Pulau Seram, Alaka di Pulau Haruku, Ihamahu dan Siri-Sori Islam di Pulau Saparua, dan Kaitetu dan Morella di Pulau Ambon.

Allang Asaude | Sumber: Allang Asaude
info gambar

"Kami mencatat temuan-temuan itu karena kami memerlukan blueprint daerah-daerah tersebut untuk rekonstruksi lengkap," kata koordinator penelitian agensi, Muhammad Al Mujabuddawat.

Dia menambahkan bahwa eksplorasi di situs Alaka termasuk sulit karena penduduk setempat masih menganggap tempat-tempat tersebut suci.

Wisata di Pulau Seram | Sumber: Pusat Informasi Tempat Wisata
info gambar

Namun, Mujabuddawat mengatakan tim telah membuat beberapa temuan lengkap, terutama di situs Alang Asaude, yang memiliki masjid kuno dan beberapa jenis benteng.

"Kami mengacu pada peta lama, dan lokasi sesuai dengan data terstruktur," katanya.

"Itu berbentuk seperti benteng yang sangat tinggi dengan balkon yang tampaknya telah digunakan untuk pertahanan."

Dolmen di Tihulale | Sumber: Flickr
info gambar

Di tempat lain, mereka menemukan peninggalan seperti dolmen (makam "meja" batu), menhir (batu berdiri), susunan batu tradisional, gerabah, senjata, dan batu nisan kuno.


Sumber: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

VA
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini