Kecil, mungil, tapi menyimpan berjuta kenangan. Dia bisa menjadi buah tangan, bisa berarti penanda sebuah perjalanan, bisa juga mengandung suatu ungkapan. Dulu dia sangat digemari, dan sekarang semakin sulit dicari.

Kartu pos namanya, dan dulu sempat menjadi barang mewah dalam hal kirim-mengirim surat.

Seseorang yang baru saja tiba di luar kota atau luar negeri, biasanya mencari kartu pos di kota setempat untuk menandakan dia pernah mengunjungi daerah itu. Seseorang yang ingin mengucapkan selamat di hari-hari besar tertentu, juga bisa melakukannya dengan kartu pos.

Dulu kartu pos bisa menutupi kelemahan surat, yang minim ekspresi dan tanpa hiasan warna-warni. Dengan kartu pos, pesan-pesan dari pengirim surat bisa terbantu diungkapkan dengan gambar, dilengkapi dengan isi surat yang pendek di bagian belakang.

Singkat saja isi dari kartu pos, karena memang itulah fungsinya. Cukup dengan pengucapan selamat, penyampaian kabar, atau permintaan maaf, kartu pos sudah mewakili segenap ungkapan hati si pengirim.

Itu sebabnya si pengirim kartu pos biasanya mencari gambar kartu pos yang sesuai dengan apa yang ingin dia sampaikan.

Kalau mau mengucapkan Selamat Tahun Baru, bisa memakai kartu pos dengan gambar kembang api. Kalau memberi selamat ulang tahun, dengan kartu pos bergambar balon, kue, atau lilin. Dan kalau ingin menyampaikan kabar dari kota atau negeri seberang, bisa memilih kartu pos dengan gambar ciri khas daerah tersebut.

Gambar-gambar di kartu pos tadi menambah nuansa ucapan yang terbingkai di tulisan. Dibandingkan dengan surat yang hanya berisi kata-kata (kalau penulisnya tidak bisa menggambar), kartu pos lebih efektif untuk menyampaikan ucapan di acara tertentu.

Kartu pos di Indonesia
Kartu pos di Indonesia

Disimpan untuk kenangan

Membuat penyampaian surat lebih berwarna, itu keunggulan pertama kartu pos. Bisa disimpan untuk dijadikan kenangan, itu kelebihan lainnya. Dengan bahan kertas karton, kartu pos lebih awet disimpan ketimbang surat biasa dengan secarik kertas tipis bergaris.

Saking awetnya kartu pos, ada yang menyimpannya sampai bertahun-tahun, bersama memori-memori indah yang melekat di ingatan. Dan saking beragamnya ilustrasi kartu pos, benda legendaris ini bisa dikoleksi sampai terkumpul satu set atau menjadi pajangan dinding yang sedap dipandang mata.

Dengan kartu pos, beragam memori bisa tersimpan. Dengan kartu pos, berbagai ucapan bisa terungkap secara menawan. Dengan kartu pos, pemandangan dunia bisa terbingkai dengan elegan, Dan dengan kartu pos, kenangan-kenangan itu tak lekang ditelan zaman.

Saat ini kartu pos sudah beralih fungsi. Dia tak lagi dipakai untuk menyampaikan informasi, tapi lebih sering dibeli sebagai koleksi. Namun demikian keberadaannya akan terus dicari, dan terus dirawat sampai lintas generasi.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu