Amandio Harumkan Indonesia Di D1GP Drift

Amandio Harumkan Indonesia Di D1GP Drift
info gambar utama

Drifter kebanggan bangsa, Emmanuel Amandio kembali mengharumkan Indonesia setelah berhasil menduduki posisi 7 besar overall di ajang kompetisi dunia D1 Grand Prix International Drift Championship China Series 2018. Ajang kompetisi mobil ngepot ini berlangsung sepanjang 5 seri di China yang dimulai sejak Mei 2018 lalu. Memacu mobil Lexus SC430 di bawah bendera team Atlas Tires Drift Team, pria yang biasa disapa Dio ini berhasil menduduki posisi 4 di kompetisi Tsuiso (twin drift) pada Final Round 5 yang berlangsung di Bao'an Stadium, Shenzhen China pada 15-18 November 2018 lalu.

Ajang kompetisi international ini diikuti lebih dari 30 drifter dari berbagai bangsa seperti Jepang, Amerika Serikat, China, Thailand, China Taipei, Australia dan Malaysia. Dari 5 seri yang dikompetisikan, Dio ikut serta pada 4 seri dengan hasil cukup memuaskan, antara lain posisi 8 di Tansho (single run) Final Round 2 di Hangzhou 4 Agustus 2018, serta posisi 5 di Tansho Final dan posisi 4 di Tsuiso Final Round 3 di Qingdao 21 Oktober 2018.

Dio mulai nge-drift tahun 2007 dengan mengikuti Good Year Night Drift dan meraih juara 1 pada kelas FFA (Free For All). Setelah itu berbagai torehan prestasi diraihnya. Dio yang berusia 26 tahun ini telah beberapa kali mengharumkan nama Indonesia di ajang kompetisi drift internasional. Yang paling fenomenal adalah saat ia menjuarai King of Asia di Malaysia dan Red Bull Battle Drift China tahun 2016. Di tahun-tahun sebelumnya, Dio meraih prestasi antara lain posisi 3 di Formula Drift Asia tahun 2010, posisi 5 di Formula Drift Asia pada 2012, lalu juara 3 di D1GP Japan Round 4 di tahun 2013. Dan ia juga pernah menembus Top 5 Qualifier Formula Drift USA California pada 2012.

Di ajang kompetisi drift domestik, Dio yang tergabung dalam team ABM Motorsport juga telah mencatat berbagai prestasi antara lain juara di kelas umum seri Battle Drift 2018. Dengan usia yang masih tergolong muda, Dio masih punya banyak kesempatan untuk meraih prestasi lebih baik dan mengibarkan sang saka merah putih di berbagai event drift manca negara di masa-masa mendatang.

Sumber: d1gp.co.jp, intersport.id, mobilinanews.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini