5 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia

5 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia

SGU

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia termasuk negara yang mempunyai banyak perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang terdiri dari sekolah tinggi, akademi, universitas, institut, dan politeknik. Banyak dari perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki kualitas baik dinilai dari lulusan-lulusannya yang terbaik serta dapat berprestasi, entah itu prestasi di dalam negeri maupun prestasi yang telah mencapai kancah internasional.

Pada tahun 1851, untuk pertama kalinya dibangun perguruan tinggi di Indonesia. Seperti data yang terdapat pada DIKTI, Indonesia memiliki 2.433 sekolah tinggi, 1.101 akademi, 558 universitas, 148 institut, dan 250 politeknik hingga saat ini. Banyak sekali, bukan? Lalu, dari semua perguruan tinggi tersebut, perguruan tinggi apa yang paling tua? Berikut 5 perguruan tinggi tertua di Indonesia.

  1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia ternyata adalah perguruan tinggi tertua di indonesia, lho. Pastinya sudah banyak orang yang mengetahui universitas negeri terbaik yang satu ini. Tak salah jika Universitas Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi tertua dan memiliki banyak prestasi yang ditorehkan.

Universitas Indonesia menduduki posisi pertama dalam urutan universitas terbaik di Indonesia. Tak hanya itu, berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan terhadap 1.233 perguruan tinggi di 151 negara di dunia, Universitas Indonesia mendapatkan peringkat ke-292.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa perguruan tinggi pertama di Indonesia dibangun pada tahun 1851. Nah, perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Indonesia. Dalam sejarahnya, Universitas Indonesia didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda yang bertujuan untuk menciptakan atau melahirkan asisten dokter tambahan. Pada periode tersebut, setiap lulusannya diberi gelar Dokter Jawa.

Program pendidikan tahun 1864 di Universitas Indonesia berlangsung selama 3 tahun sampai lulus. Sedangkan pada tahun 1875, program pendidikan di Universitas Indonesia berubah menjadi 7 tahun sampai lulus.

  1. Universitas Airlangga

Perguruan tinggi tertua kedua di Indonesia adalah Universitas Airlangga. Universitas ini berdiri pada tahun 1913. Awalnya, Universitas Airlangga terbentuk dari lembaga pendidikan Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT) yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Universitas Airlangga Surabaya secara resmi dibuka pada tahun 1954 oleh pemerintah Republik Indonesia. Universitas Airlangga juga merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di wilayah timur Indonesia. Diresmikan langsung oleh Presiden RI pertama yaitu Dr. Ir. Soekarno bertepatan dengan peringatan hari pahlawan 10 November 1954. Pendiriannya telah ditetapkan secara legal dengan Peraturan Pemerintah No.57/1954.

Sejak didirikan hingga peresmiannya, Universitas Airlangga sudah memiliki 5 fakultas yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, Fakultas Sastra, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sebagai salah satu institut terbaik di Indonesia, rupanya Institut Teknologi Bandung merupakan perguruan tinggi tertua ke-3 di Indonesia. ITB merupakan perguruan tinggi pertama yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1920. Awalnya ITB memiliki nama Het Koninklijk Instituut Voor Hooger Technisch Ondrwijs in Nederlansch-Indie, namun saat ini berubah menjadi Institut Teknologi Bandung karena letaknya yang ada di Kota Bandung.

ITB dibentuk dengan tujuan awal untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit dikarenakan hubungan antara Belanda dan wilayah jajahannya di Nusantara terganggu. ITB juga menjadi tempat bagi Soekarno meraih gelarnya dalam bidang Teknik Sipil. Untuk menjadi insinyur dibutuhkan waktu selama 4 tahun.

  1. Institut Pertanian Bogor

Rupanya perguruan tinggi di Bogor ini juga termasuk dalam perguruan tinggi tertua di Indonesia. Institut Pertanian Bogor atau sering disebut IPB didirikan pada tahun 1940 dengan nama awal Landbouw Hogeschol dan berubah menjadi Landbouwukndige Faculteit pada 31 Oktober 1941. IPB secara khusus mempelajari tentang pertanian dan ilmu agronomi. Namun, pada tahun 1942 - 1945, IPB sempat ditutup di masa kolonial Jepang.

Setelah sempat ditutup, institut ini dibuka kembali pada 27 April 1952 dengan nama Fakultas Pertanian UI. Namun, pada tanggal 1 September 1963 Fakuktas Pertanian dan Kedokteran UI memisahkan diri dan menjadi Institut Pertanian Bogor dengan 5 fakultas, yaitu Fakuktas Pertanian, Kehutanan, Perikanan, Peternakan, dan Kedokteran.

  1. Universitas Islam Indonesia

Awalnya Universitas Islam Indonesia berdiri dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang resmi didirikan di Jakarta pada 8 Juli 1945 dan pada 10 April 1946, STI resmi dibuka di Yogyakarta.

Universitas Islam Indonesia menjadi kampus swasta pertama di Indonesia dan telah melakukan perkembangan yang cukup cepat. Selain itu, UII juga memiliki mitra kerja sama internasional yang cukup bergengsi di luar negeri.

Selanjutnya, silahkan baca juga Artikel terkait Universitas bertaraf internasional pertama di Indonesia Swiss German University

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga52%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang13%
Pilih Tak PeduliTak Peduli4%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi22%
Pilih TerpukauTerpukau9%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Ganda Putra Indonesia Kalahkan India di Syed Modi International 2018 Sebelummnya

Ganda Putra Indonesia Kalahkan India di Syed Modi International 2018

Sudah Banyak Orang yang Booking Travel di 2021, Kemana Mereka Akan Pergi? Selanjutnya

Sudah Banyak Orang yang Booking Travel di 2021, Kemana Mereka Akan Pergi?

flow ovii
@flowovii

flow ovii

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.