Gayo Aceh yang Melenggang ke Kanada

Gayo Aceh yang Melenggang ke Kanada

Kopi Gayo Aceh © Sumber: Local Coffee

Program perdagangan pemerintah Kanada dan Indonesia telah membantu produsen kopi Aceh mendapatkan 2,6 juta dolar Amerika dalam kesepakatan perdagangan untuk memasok beberapa roaster dan importir di Kanada.

Direktur ekspor Kementerian Perdagangan, Arlinda, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa program itu menyoroti tur perkebunan di kota penghasil kopi Takengon, Aceh Tengah, dalam upaya untuk membangun kepercayaan konsumen dengan pembeli Kanada.

"Tur perkebunan menunjukkan pembeli bahwa kopi gayo adalah kualitas terbaik," katanya seperti dilansir oleh kompas.com.

Kopi Aceh Gayo | Sumber: SteemKr
Kopi Aceh Gayo | Sumber: SteemKr

Arlinda mengacu pada Aceh gayo, kopi khas Arabika yang dipuja karena rasanya kuat dan kompleks. Varietas ini adalah salah satu kopi asal Indonesia yang paling terkenal selain dari Toraja dan Wamena.

Dia menambahkan bahwa, di luar kesepakatan perdagangan, program Bantuan Perdagangan dan Sektor Swasta Kanada (TPSA - Trade and Private Sector Assistance), yang merupakan upaya bersama antara Kementerian Perdagangan dan Departemen Urusan Global Kanada, telah membantu Indonesia mendapatkan hingga 4 juta dolar Amerika dalam ekspor langsung ke Kanada dan Amerika Serikat.

Dia memperkirakan bahwa nilai ekspor langsung akan berlipat ganda menjadi 8 juta dolar Amerika pada akhir program perdagangan lima tahun pada 2020.

Tim TPSA, yang terdiri dari anggota Indonesia dan Kanada, telah berulang kali menyatakan minatnya untuk meningkatkan ekspor kopi Indonesia ke Kanada.


Sumber: Jakarta Post

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

5 Sektor Fintech yang Akan Berkembang Pesat di Indonesia dalam 5 Tahun Mendatang Sebelummnya

5 Sektor Fintech yang Akan Berkembang Pesat di Indonesia dalam 5 Tahun Mendatang

Selamat! Pencak Silat Resmi Jadi Warisan Budaya Dunia Selanjutnya

Selamat! Pencak Silat Resmi Jadi Warisan Budaya Dunia

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

I work here because I value positivity. In the midst of social media era I wish that everyone builds harmony through positivity, so I start from myself.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.