Kalahkan 19 Negara, Para Lulusan SMK Ini Bawa Pulang 9 Medali Word Skills Asia 2018

Kalahkan 19 Negara, Para Lulusan SMK Ini Bawa Pulang 9 Medali Word Skills Asia 2018
info gambar utama

Indonesia berhasil meraih juara umum pada ajang Word Skills Asia (WSA). Siswa lulusan SMK yang berkompetisi pada ajang tersebut berhasil mengalahkan 19 negara. Sebanyak enam medali emas dan tiga medali perak diraih dari ajang yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 24-29 November 2018.

Sebanyak enam siswa yang berhasil mendapatkan medali emas, mereka adalah Luki Centuri untuk bidang lomba Web Design, Firli Rizki untuk bidang lomba Electrical Installation, Rizki Muhammad untuk bidang lomba IT Network System Administration, Hengky Sanjaya untuk bidang lomba IT Software Solution for Business, Isnaeni Wulandari untuk bidang lomba Fashion Technology, dan A.Nur Fatkhul Cholbi untuk bidang lomba Refrigeration and Air Conditioning.

Medali perak diraih oleh Salyan Alqosomi untuk bidang lomba Welding, Mustaqim untuk bidang lomba Automobile Technology, dan M. Khairul Abdulloh untuk bidang lomba Electronics.

Perwakilan Indonesia tersebut adalah lulusan dari SMKN 3 Boyolangu, SMKN 2 Kendal, SMKN 4 Surakarta, SMKN Bandung, SMKN 2 Banyumas, SMKN 2 Kota Serang, SMKN 2 Sukohardjo, SMK PGRI 3 Malang, dan SMK Immanuel.

Luki Centuri yang meraih medali emas untuk bidang Web Design, menyampaikan rasa bahagianya bisa mendapatkan juara pertama. Dikutip dari Siedoo, ia mengatakan, Mengikuti kompetisi ini sangat menyenangkan, bisa bertemu anak-anak muda dari berbagai negara.

Kemendikbud memberikan penghargaan berupa pelakat dan uang pembinaan sebesar Rp 27 juta bagi para penerima medali emas. Sedangkan untuk medali perak diberikan pelakat dan uang pembinaan sebesar Rp 22 juta. Mereka semua juga akan diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan baik di dalam negeri ataupun di luar negeri sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Ajang WSA adalah ajang yang digelar untuk meningkatkan daya saing Asia dan meningkatkan persaudaraan di antara negara-negara Asia. 19 negara yang mengikuti, Taiwan, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Indonesia, Oman, Arab Saudi, Malaysia, Kuwait, Mesir, Russia, Belarus, Barbados, Jerman, India, Belgia, Amerika Serikat, Finlandia, dan Brazil.

--

Sumber : Siedoo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini