Kabupaten ini Memiliki Tempat Pabrik Kereta Api Terbesar di Indonesia. Di mana?

Kabupaten ini Memiliki Tempat Pabrik Kereta Api Terbesar di Indonesia. Di mana?
info gambar utama

Pada pertengahan Desember 2018 ini, Pabrik kereta terbesar di Indonesia akan dibangun di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Direktur Utama PT INKA (persero), Budi Noviantoro mengatakan bahwa targetnya pabrik ini akan mulai beroperasi pada awal tahun 2020.

Dengan luas 83 hektar dan menggunakan lahan milik PTPN XII, pabrik ini akan menjadi pabrik kereta INKA terbesar, karena pabrik di Madiun hanya seluas 22 hektar. Pabrik baru ini juga akan memproduksi kereta lebih banyak dari pabrik sebelumnya, yaitu 3 gerbong sehari.

"Jadi sehari INKA akan memproduksi 4 gerbong per hari (dengan pabrik di Madiun). Ini akan mempercepat pemenuhan pesanan kereta api dari berbagai negara yang telah memesan," kata Budi yang dikutip dari Detik.com

sumber : pojokpitu
info gambar

Lokasi pabrik PT INK ini sangat strategis, yaitu di dekat Pelabuhan Tanjung Wangi yang dikelola PT Pelindo III. Hal ini akan lebih menyingkat waktu pengiriman ke luar negeri.

Dengan adanya pabrik baru ini, nantinya juga akan menyerap banyak tenaga kerja baik di level manajerial maupun teknisi operasional. Diperkirakan total tenaga kerja yang dibutuhkan mencapai 3.500 orang.

"Kebutuhan tenaga kerja pastinya kami utamakan bisa dipenuhi dari sekolah vokasi di Banyuwangi. Kami juga sudah bekerja sama dengan beberapa SMK untuk membuka kelas perkeretaapian," kata Budi dikutip dari Detik.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini