Kapal Buatan Indonesia Ini Juarai Kompetisi Kapal Cepat di Swedia

Kapal Buatan Indonesia Ini Juarai Kompetisi Kapal Cepat di Swedia
info gambar utama

Satu lagi karya anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Prestasi ini diukir melalui produk yang diproduksi oleh PT Lundi Industry Invest, Banyuwangi, Jawa Timur

Tahun ini, kapal RIB (Right Inflatable Boat) jenis Carbotech - Carbotech GT38, kapal buatan PT Lundin menguasai kejuaran kapal cepat di Swedia. Di ajang ini, Carbotech GT38 berhasil meraih juara 1, 2, dan 4. Carbotech GT38 berhasil mengalahkan kapal-kapal bikinan puluhan perusahaan di Eropa, ini membuktikan bahwa kualitas kapal buatan Indonesia mampu bersaing di dunia.

Di pasar luar negeri, PT Lundin menggunakan nama North Sea Boats. Tak hanya Carbotech, PT Lundin juga memproduksi sejumlah kapal lainnya. Ada Sea Rider, Combat, Penguin, X2K Special Ops RIB hingga Trimaran. Sebagian besar pasar PT Lundin berada di luar negeri dengan pasar terbesar di wilayah eropa. Tahun ini PT Lundin mengekspor 17 kapal yang terdiri dari 15 Penguin dan 2 G7 yang diekspor ke Malaysia, Selandia Baru, dan Swedia. G7 merupakan kapal yang digunakan pasukan khusus Rusia. Saat ini G7 mulai banyak dipesan karena kecanggihannya dan terkenal dengan kecepatannya.

Sejumlah Negara tercatat telah menjadi klien produk Lundin, di antaranya Swedia, Rusia, Australia, Malaysia, hingga Timor Leste. Dari Indonesia di antaranya, TNI, Basarnas, serta Kementerian Perikanan dan Kelautan (KPP). Saat ini PT Lundin bekerja sama dengan Pindad dan CMI Defence memproduksi tank boat yang dinamai Antasena.

Produk kapal cepat ini mendapat julukan “Ferrari of the sea” karena kecepatannya yang meampu mencapai 85 knot (160km/jam) dan mampu melakukan manuver berbelok tajam 360 derajat dengan kemiringan kapal 25 derajat. Hal ini membuat GT38 menjadi kapal cepat ringan yang paling unggul saat ini, tidak heran kalau berbagai negara mulai antre memesan kapal buatan Indonesia ini. Desain sederhana yang diterapkan membuat GT38 mampu membuat manuver-manuver menjadi lebih baik. GT38 dilengkapi Shark FLEX suspension system. Sistem ini banyak dipakai karena memiliki keunggulan daya tahan schok yang baik, dan diperuntukkan untuk kenyamanan penumpang di atasnya.

PT Lundin merupakan perusahaan pembuat kapal. Spesialisi mereka adalah kapal berbahan serat karbon dan serat gelas. Serat karbon memiliki kekuatan 4 kali lipat dari baja. Beberapa kapal TNI menggunakan kapal buatan PT Lundin seperti kapal X38 Combat Cat. Kapal ini dimiliki beberapa unit oleh TNI AL diperuntukkan sebagai kapal operasi bagi Marinir. Dengan desain yang sederhana dan kemampuan manuver dengan kecepatan tinggi serta dilengkapi dengan persenjataan.

Setelah berhasil menjuarai ajang kapal cepat di swedia, PT Lundin tidak berpuas diri dengan keberhasilannya. Tahun depan, PT Lundin akan memprodksi GT38 dan G7 lebih banyak untuk memenuhi permintaan pasar. Kapal cepat G7 sendiri memiliki spesifikasi khusus yang mampu manahan kekuatan diatas ravitasi 7. Dua model kapal carbotech lainnya produksi Lundin juga telah digunakan untuk operasi militer Swedia dan negara di kawasan Skandinavia lainnya. Keberhasilan industri perkapalan Banyuwangi memproduksi kapal yang diminati di kawasan Eropa khususnya Rusia, menumbuhkan kebanggan bagi warga setempat yang banyak bekerja di PT Lundin.


Sumber:

Indo Defense 2018 Expo & Forum

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini