Tepat 123 Tahun Bank Pemerintah Pertama Ini Melayani Negeri!

Tepat 123 Tahun Bank Pemerintah Pertama Ini Melayani Negeri!
info gambar utama

Kawan GNFI pasti tak asing lagi dengan Bank Rakyat Indonesia atau BRI. BRI rupanya menjadi salah satu bank milik negara, yang berdiri tepat di hari ini, 16 Desember tahun 1895.

Mulanya, Bank Rakyat Indonesia ini didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atu Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto. Yakni sebuah lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia.

Pada periode pasca kemerdekaan RI, BRI adalah Bank Pemerintah pertama di Republik Indonesia sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 1 Tahun 1946 Pasal 1.

Bank BRI Menjadi Lembaga yang Memiliki Nilai Histori Tersendiri dengan Bangsa Ini | Sumber dok: Ensiklo.Com
info gambar

Namun di masa perang untuk mempertahankan kemerdekaan, tepatnya tahun 1948 kegiatan BRI sempat terhenti sementara waktu dan baru kembali aktif setelah perjanjian Renville pada 1949 yang kemudian berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, tepat di tanggal 1 Agustus 1992 berdasar UU Perbankan No. 7 Tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992, status BRI berubah menjadi perseroan terbatas. Kepemilikannya pun saat itu 100% masih di tangan Pemerintah Republik Indonesia.

Namun pada 2003, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menjual 30% saham bank ini, sehingga menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., yang masih terus digunakan hingga saat ini.

A post shared by BANK BRI (@bankbri_id) on

Dengan demikian diketahui bahwa telah 123 tahun BRI hadir untuk melayani negeri, yang tentunya turut membantu dalam persoalan perbankan.

Selamat ulang tahun BRI!


Sumber: Wikipedia | BRI

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini