Indonesia Banyak Tanggal Merah. Kata Siapa?

Indonesia Banyak Tanggal Merah. Kata Siapa?
info gambar utama

Libur telah tiba… Libur telah tiba…

Hore… Hore… Hore!!!

Mungkin beberapa dari kita pernah berpikir, begitu banyak libur nasional di Indonesia. Mulai dari libur Hari Raya Idulfitri, libur Natal, Tahun Baru, dan beragam tanggal merah untuk memperingati hari-hari besar lainnya.

Namun, apakah Kawan GNFI tahu, ternyata di Asia Tenggara bukan Indonesia lho negara dengan jumlah libur nasional terbanyak!

Data dari Mashable SEA mengungkapkan, Malaysia berada di puncak daftar negara dengan jumlah libur nasional terbanyak di Asia Tenggara. Negara yang bangsanya serumpun dengan Indonesia itu dalam setahun memiliki 50 hari libur nasional!

Banyaknya hari libur nasional di Malaysia karena terdapat bermacam-macam hari besar di negara itu. Contohnya seperti Tahun Baru Cina, Thaipusam, Hari Raya Idulfitri, Hari Gawai, Hari Keamatan, Hari Raya Korban, Hari Deepavali, Hari Keputeraan Sultan, Hari Natal, Hari Malaysia, Hari Kemerdekaan, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi perlu diketahui juga bahwa angka 50 itu bukan jumlah yang dirayakan bersama. Secara teknis hari libur nasional di Malaysia hanya 20 hari, tapi di sejumlah negara bagian ada yang melanjutkan hari liburnya. Jika ditotal, akan didapat 50 hari libur nasional di negara kelahiran Siti Nurhaliza tersebut.

Beranjak ke negara-negara di peringkat setelah Malaysia, di urutan kedua ada Kamboja dengan 31 hari libur nasional. Kemudian di peringkat lima besar disusul Thailand (26 hari), Myanmar (25 hari), dan Filipina (21 hari).

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Negara kita tercinta menempati peringkat enam di daftar ini, dengan jumlah 20 hari libur nasional. Dari jumlah tersebut, libur Lebaran untuk memperingati Hari Raya Idulfitri jadi “penyumbang” terbanyak dengan 5 hari!

Sementara itu untuk negara-negara lainnya, Mashable SEA menghitung ada 19 hari libur nasional di Brunei Darussalam, 14 hari di Singapura, 13 hari di Laos, dan Vietnam berada di posisi buncit dengan hanya 11 hari libur nasional.

View this post on Instagram

This is surprising. What do u think? . . . #holidays

A post shared by Good News from Southeast Asia (@seasiaig) on

Sumber: Mashable SEA

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini