Sebagai negara maritim dengan kekayaan luar biasa, tak heran jika banyak negara-negara luar yang melirik Indonesia dalam hal kelautan dan perikanan.

Buktinya beberapa waktu lalu telah disepakati kontrak pembelian di mana produk perikanan Indonesia senilai 143 juta dolar AS bakal diekspor ke negeri ginseng.

Ialah kesepakatan antara Daelim Corporation dari Korea Selatan dengan PT Global Fisheries Exchange (GFE) yang merupakan eksportir Indonesia.

Kesepakatan ini tercapai saat berlangsungnya Conference Room Busan Internation Fisheries Exchange (BIFEX) di Busan, Korea Selatan.

BIFEX di Busan Korea Selatan | Sumber dok: EL JOHN News
BIFEX di Busan Korea Selatan | Sumber dok: EL JOHN News

Diketahui melalui Tirto bahwa GFE sendiri merupakan perusahaan yang berbasis di Minahasa Selatan dengan area tangkap di Sulawesi Utara dan Maluku. Sementara Daelim Corporation ialah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan menduduki peringkat ke-17 sebagai perusahaan terbesar di Korea Selatan.

Di lain pihak, Kepala Indonesian Trade Promotion Center Busan menyebut bahwa penandatanganan kontrak tersebut akan memberikan kontribusi besar terhadap kinerja ekspor di Indonesia. Hal ini jelas membuktikan bahwa Indonesia mampu memenuhi kebutuhan pasokan produk perikanan di Korea Selatan.

Ilustrasi Ekspor Perikanan | Sumber dok: Ekonomi Kompas
Ilustrasi Ekspor Perikanan | Sumber dok: Ekonomi Kompas

Tak hanya itu, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Korea Selatan rupanya juga menyambut baik kesepakatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa komposisi ekspor Indonesia ke Korea Selatan sebanyak 45 persen masih berbasis migas dan batu bara. Oleh karena itu diperlukan diversifikasi jenis komoditas ekspor agar mampu mencapai nilai perdagangan sebesar 30 miliar dolar AS pada 2022.

Lebih dari itu, Duta Besar LBBP RI juga tak menampik bahwa Indonesia memang memiliki aneka produk potensial salah satunya dalam bidang perikanan. Kondisi ini mengingat bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dengan luas lautan yang lebih besar dari daratan.

Sumber: Tirto

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu