Ini Cara Modalku dan Tokopedia Perkuat Arus Kas UMKM

Ini Cara Modalku dan Tokopedia Perkuat Arus Kas UMKM
info gambar utama

Untuk memperlancar arus kas penjual, Modalku bersama Tokopedia umumkan Saldo Prioritas, sebagai pionir produk pinjaman bagi merchant online di Indonesia.

Co-Founder dan CEO Modalku, Reynold Wijaya mengatakan bahwa pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pihak yang turut menyumbang kontribusi luar biasa bagi perekonomian negara.

"Namun saat diskusi soal UMKM, pembicaraan tidak boleh lepas dari pebisnis dan merchant online," ia menegaskan dalan rilisnya, Selasa (18/12), seperti dilaporkan Gatra.

Arus kas macet merupakan salah satu tantangan utama para merchant online. Di antara waktu penerimaan order hingga pemenuhan pesanan dan penerimaan pembayaran, penjual harus bergantung pada modal sendiri untuk beroperasi dan membeli inventori.

Reynold Wijaya, co-founder dan CEO Modalku. Foto: wartaekonomi.co.id
info gambar

Dengan Saldo Prioritas, penjual Tokopedia dapat menerima dana di muka untuk mengoperasikan bisnis setelah melewati proses aplikasi yang mudah tanpa harus menunggu konfirmasi order dari pembeli.

"Para merchant online ini juga membutuhkan dana usaha untuk perkembangan bisnis. Tim Modalku bersama dengan Tokopedia berharap bahwa Saldo Prioritas dapat menjadi jawaban bagi kebutuhan pembiayaan mereka," ujar Reynold.

Sementara Head of Financial Technology Tokopedia Samuel Sentana mengatakan, dalam menghadirkan inovasi dan fitur baru, Tokopedia selalu fokus untuk menjawab masalah yang dihadapi pengguna. Menurut dia, keberadaan Saldo Prioritas memudahkan para merchant untuk menjalankan bisnis mereka dengan lancar tanpa adanya hambatan dalam putaran arus kas.

Foto: marketeers.com
info gambar

"Ini sesuai dengan fokus kami untuk mendorong inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia dan juga dengan misi kami untuk mencapai pemerataan ekonomi secara digital," kata Samuel pada Kompas.com.

Saldo Prioritas dapat menyediakan hingga 80 persen dari nilai pesanan di jeda waktu antara waktu penerimaan order hingga pemenuhan pesanan dan penerimaan pembayaran.

Saldo Prioritas juga memiliki proses aplikasi dan persyaratan yang simpel, seperti memiliki status sebagai penjual Tokopedia yang aktif dan mengunggah informasi KTP dan NPWP.

Keunggulan lainnya adalah keputusan cepat, yakni kurang dari satu hari kerja, serta prosedur yang didesain tanpa agunan untuk melayani sektor underserved lebih baik.

Hingga saat ini, Saldo Prioritas telah menjangkau lebih dari 100.000 merchant. Hal ini menandakan antusiasme merchant Tokopedia yang tinggi pada produk tersebut.

Foto: Wartaekonomi.co.id
info gambar

Keberadaan Saldo Prioritas juga mendukung merchant untuk mengambil peluang bisnis yang ada, terutama bagi mereka dengan dana terbatas yang menghadapi permintaan tinggi.

Salah satu pedagang elektronik, Glob Shop menyatakan, dengan Saldo Prioritas, dirinya bisa melakukan restock barang dengan cepat dan tidak lagi takut saat permintaan melonjak.

Pernyataan serupa datang dari pedagang handphone Apple - Tree yang tidak lagi kehilangan pelanggan hanya karena inventori tidak cukup. Pedagang bisa membeli lagi stok dengan dana Saldo Prioritas.

Saldo Prioritas menyatukan visi Modalku dan Tokopedia, yaitu mendukung inklusi keuangan di Indonesia agar semakin banyak penduduk tanah air yang tergabung dalam sistem keuangan formal.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini