FIFA Forward dan Kontribusinya untuk Sepak Bola Indonesia

FIFA Forward dan Kontribusinya untuk Sepak Bola Indonesia
info gambar utama

Dukungan FIFA pada sepak bola Indonesia yang berupa bantuan FIFA Forward mulai memberikan kontribusi masif. Sejak mendapat bantuan ini, PSSI bisa terus menjalankan Filosofi Sepak Bola Indonesia (FILANESIA) dengan memperbanyak wasit dan pelatih lokal, serta meningkatkan kualitasnya.

Kursus kepelatihan dan kursus wasit berulang kali digelar melalui bantuan FIFA Forward, dengan menghadirkan instruktur yang memiliki jam terbang tinggi. Hasilnya, terdapat lonjakan jumlah pelatih, yakni sekitar tiga kali lipat jika dibandingkan tahun lalu.

Tak hanya pelatih dan wasit, program sepak bola usia dini pun juga terlaksana berkat adanya FIFA Forward. Di tahun ini, bergulir Elite Pro Academy yang merupakan kompetisi sepak bola usia di bawah 16 tahun. Kompetisi ini juga dikenal dengan sebutan Liga 1 U-16.

"Kami juga telah mendirikan 18 akademi Elite Pro untuk klub Liga 1 yang fokus pada pengembangan pemain U-16. Kedua, pengembangan wasit program dimulai untuk membuat sistem manajemen wasit dan siklus operasi yang baru," terang Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, dikutip dari laman resmi FIFA.

Ratu Tisha menambahkan, ada lebih dari 1.207 wasit yang dipilih untuk lokakarya berkualitas, dan sistem manajemen baru telah disiapkan untuk departemen wasit, mulai dari administrasi hingga tim pendidikan.

Ungkapan terima kasih juga dituturkan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Pria yang biasa disapa Jokdri ini sangat mengapresiasi bantuan FIFA Forward, dan berharap kekurangan-kekurangan bisa segera teratasi di masa mendatang.

"Dukungan FIFA Forward adalah dasar dari pengembangan sepak bola PSSI, dengan fokus pada pengembangan kapasitas untuk pelatih, wasit dan pemain untuk mencapai target jangka panjang kami pada tahun 2045, mulai dari tahun 2024 sebagai tonggak pertama dan 2034 sebagai tonggak kedua," terang Jokdri, dikutip dari Goal.com.

"PSSI ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari Pengembangan Asosiasi Anggota FIFA dan Kantor Pengembangan Regional, yang sangat membantu kami selama proses perencanaan dan pelaksanaan. Kami menyadari bahwa masih ada begitu banyak ruang untuk perbaikan dan PSSI berterima kasih kepada FIFA, yang selalu mendukung kami dalam perjalanan panjang ini untuk mencapai visi kami," pungkasnya

Sumber: Goal.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini