Kerjasama Terbaru UI dan Busan University Berikan Fasilitas Baru

Kerjasama Terbaru UI dan Busan University Berikan Fasilitas Baru
info gambar utama

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia telah memperkenalkan kelas pembelajaran jarak jauh.

Proyek tersebut, yang berjudul Distance Learning Project atau jika diterjemahkan menjadi Proyek Pembelajaran Jarak Jauh, merupakan upaya bersama antara Universitas Indonesia dan Busan University of Foreign Studies (BUFS), Korea Selatan. Jaringan Penelitian dan Pendidikan Indonesia (Indonesian Research and Education Network - IdREN) dan Korea Advanced Research Network (KOREN) mendukung proyek ini.

Kelas ini awalnya merupakan kelas laboratorium komputer yang kemudian dimodifikasi dengan beberapa teknologi terkini. Ruang kelas tersebut menyediakan teknologi seperti sistem papan tulis elektronik, tampilan informasi digital, dan printer 3D beserta materi yang diajarkan,serta komputer terbaru berjumlah 21 buah. Adanya ruang kelas tersebut memungkinkan kelas jarak jauh untuk melakukan pertemuan tatap muka melalui layar dan berbagi papan tulis yang terhubung secara real-time.

Suasana pertama pelaksanaan kelas jarak jauh | Sumber: Dok. FISIP UI
info gambar

Dua jaringan riset nasional antar institusi perguruan tinggi nasional ini terhubung dalam REN Global untuk menyediakan sumber daya pembelajaran bersama termasuk akses jaringan.

Peresmian untuk proyek tersebut baru saja diadakan, di mana seorang dosen Universitas Busan memberikan pelajaran dalam bahasa Korea melalui layar.

Di antara yang hadir adalah dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI Arie Setiabudi Soesilo, kanselir UI Prof. M. Anis dan perwakilan Busan University dan Proyek Pembelajaran Jarak Jauh, Prof. Jeong Bae Lee.

Anis berkomentar melalui sambutannya bahwa dalam menghadapi Industry 4.0, teknologi terbaru di bidang komunikasi dan informasi sangat diperlukan, seperti dilansir dari kompas.com.

"Saya menghargai kontribusi-konstribusi yang terlibat dalam menerapkan fasilitas ini," kata Anis.


Sumber: Kompas | Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini