Aksi CINTA Literasi “Cerdas Membingkai Makna Hari Ibu lewat Aksi Literasi”

Aksi CINTA Literasi “Cerdas Membingkai Makna Hari Ibu lewat Aksi Literasi”
info gambar utama

Aksi Literasi merupakan event menyemarakkan Program Sekolah Literasi Indonesia oleh Kawan SLI Indramayu sebagai salah satu program Jaringan Sekolah Indonesia - Dompet Dhuafa Pendidikan yang fokus pada kekhasan literasi. Aksi ini dirangkaikan dengan momentum Hari Ibu tepat pada 22 Desember 2018, sehingga tema yang didengungkan bertajuk “Aksi CINTA Literasi (Cerdas membIngkai makNa hari ibu lewaT Aksi literasi)”.

Aksi ini dilaksanakan di Wisata Situbolang desa Jatisura kec. Cikedung, Indramayu yang dihadiri 35 peserta dari Kepala Sekolah/Marasah beserta Guru-guru dari perwakilan 5 Sekolah Dampingan Sekolah Literasi Indonesia Kab. Indramayu, yaitu MI Al Wathoniyah, MI Bi’tsatul Islamiyah, MI Tarbiyah Islmaiyah, SDN 2 Plosokerep, dan SDN 2 Wanasari. Aksi ini juga diramaikan dengan hadirnya beberapa guru dari RA Masithoh sebagai bagian dari yayasan pendididkan AL Wathoniyah dan beberapa sanak famili yang menjadikan aksi ini sebagai ajang liburan keluarga dan ajang silaturahim.

Seluruh peserta yang hadir disuguhi beragam kegiatan dengan bentuk permainan yang mampu menumbuhkan semangat berliterasi, dimulai dari Balon Literasi, Estafet Paragraf, dan Puisi Berantai yang dimainkan dalam tim, khusus untuk Cerita Inspiratif sebagai permainan terakhir dikemas menjadi aksi mandiri tiap peserta. Tidak lepas sinergi, kebersamaan, kepedulian, dan kepercayaan ditanamkan ditiap aksi.

Permainan Balon Literasi yang menjadi pembuka aksi yang dikemas sebagai brainstorming sederhana, untuk pengenalan simbol literasi dengan tangan membentuk huruf L dimana peserta harus berlomba menyentuh garis finis dengan posisi balon diantara tangan dengan simbol literasi, kemudian permainan kedua Estafet Paragraf peserta harus menyusun rangkaian 3 paragraf menjadi opini dengan judul “Sejarah Hari Ibu, Mengapa Tanggal 22 Desember?”, opini tersebut dipisahkan perkalimat yang selanjutnya diacak dalam 3 pos berdasarkan paragram yang dijaga masing-masing anggota dalam tim secara estafet, jadi 3 pos pertama menyusun kata menjadi kalimat dan di pos terakhir menyusun semua paragraf yang sudah terbentuk dari pos sebelumnya dengan kontes paragraf yang tepat berdasarkan judul. Permainan ketiga adalah Puisi Berantai, poinnya adalah bagaiamana peserta membuat puisi berdasarkan clue yang sudah disediakan dari aksi memecahkan balon denga mata tertutup, dari puisi yang tercipta ini ditampilkan dalam pementasan kelompok secara berantai. Aksi terakhir adalah Cerita Inspiratif, peserta menulis bebas cerita yang dianggapnya menginspirasi hidupnya. Pada Semua permainan tersebut dikemas dalam tema CINTA dengan harapan bisa menajadi ajang refleksi posisi kita sebagai anak dalam hal bakti pada Orang Tua.

Aksi ini juga menjadi ajang memberikan apresiasi kepada Guru Model dari masing-masing sekolah dampingan SLI dengan penyerahan Cendera Mata berupa Bingkai Literasi yang berisi afirmasi berliterasi yang dibuat khusus oleh Kawan (Konsultan Relawan) SLI penempatan Indramayu. Mendekor Pohon Cinta untuk Ibu juga menjadi atribut pemanis kegiatan, peserta menuliskan sebuah rangkaian kalimat manis untuk ibu dan di pasang sendiri di ranting pohon yang telah disediakan.

Seluruh peserta antusias dengan aksi ini, Anih Syafa’ah sabagai peserta mengakui kegiatan ini sangat menyenangkan, “rangkaian acaranya bukan hanya acara liburan hura-hura tapi tetap ada edukasinya cuman uniknya nggak terasa belajar. Misalnya pada permainan puisi berantai, kita diminta menciptakan puisi tapi dengan menggunakan kata yang sudah disediakan dalam balon yang harus dipecahkan dengan menutup mata dan tidak cukup disitu, kita juga harus menampilkan puisi tersebut secara berantai dengan tim, ditonton oleh teman-teman guru dari sekolah lain. Seru banget pokonya, ini pengalaman baru untuk kami”.

Aksi CINTA Literas dimulai 08:30 ini berakhir 13:30 WIB dengan tetap menyelipkan konsep literasi dasar: membaca, menulis, dan berbahasa lisan dalam rangakaian acaranya.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

JA
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini