Makanan Khas Daerah yang Mungkin Belum Pernah Anda Coba

Makanan Khas Daerah yang Mungkin Belum Pernah Anda Coba

Gulai Siput dari Kepulauan Riau © Sumber: traveltodayindonesia.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Berbicara makanan Indonesia, mungkin jika bertanya dengan orang luar negeri mereka akan menyebutkan Nasi Goreng atau Rendang. Tidak heran, berkat kedua makanan tersebut pada tahun 2011 dan 2017, masuk ke dalam polling CNN yang menyebutkan Nasi Goreng dan Rendang sebagai makanan terlezat di dunia. Namun, mengingat keragaman Indonesia yang luar biasa, rasanya wajar jika kita sebut makanan Indonesia tidak hanya Nasi Goreng dan Rendang saja. Berikut makanan khas daerah yang mungkin belum pernah adna coba sebelumnya:

PAPEDA

Papeda | Sumber: Wikimedia Commons
Papeda | Sumber: Wikimedia Commons

Papeda merupakan makanan dari Maluku dan Papua yang memiliki warna putih dan tekstur yang lengket seperti lem, makanan ini biasanya dihidangkan bersama ikan Tuna atau Tongkol yang dibumbui dengan kunyit. Yang membuat spesial adalah cara makannya yang memerlukan sepasang sumpit atau stik untuk menggulungnya.. Seni dalam memakannya!

SUP GANGAN

Sup gangan | Sumber: dream.co.id
Sup gangan | Sumber: dream.co.id

Gangan merupakan sup ikan dari Belitung dengan citarasa kombinasi antara asem dan pedas. Yang membuat masakan ini spesial adalah tekstur lembut dari ikannya dan warna dari supnya, kuning. Gangan dimasak bersama bawang merah, cabai merah, daun serai, dan kemiri. Terkadang orang-orang memasukkan potongan nanas untuk memberikan rasa asam. Jika anda berkesempatan berkunjung ke Pulau Belitung, jangan sampai terlewat untuk mencoba makanan ini.

MIE ONGKLOK

Mie Ongklok | Sumber: Travel Today
Mie Ongklok | Sumber: Travel Today

Mie Ongklok adalah mie rebus dengan sayur-sayuran dan bumbu spesial yang disebut "loh". Makanan ini merupakan makanan tradisional dari Wonosobo. Dengan suasana dingin di Wonosobo, Mie Ongklok sangat cocok menemani untuk menghangatkan tubuh.

ROTI MANTAU

Sumber: cina.panduanwisata.id
Sumber: cina.panduanwisata.id

Roti Mantau dari Balikpapan merupakan kreasi roti dari adaptasi Tionghoa di Indonesia. Roti ini terbuat dari tepung gandum dan memiliki tekstur yang lembut. Terdapat dua jenis Mantau, Mantau goreng dan Mantau kukus. Mantau dapat dimakan bersama saus sambal atau tomat, membuatnya menjadi lebih lezat!

GULAI SIPUT

Sumber: traveltodayindonesia.com
Sumber: traveltodayindonesia.com

Gulai Siput dapat ditemukan di Kepulauan Riau, sama seperti namanya, siput sawah menjadi makanan utama yang dimasak bersama rempah-rempah Melayu. Dalam bahasa Melayu dialek Rokan, makanan ini disebut Lengkitang, sedangkan dialek Kuantan Singingi makanan ini disebut Cipuik. Siput sawah sesungguhnya dianggap sebagai hama, oleh karena itu memasak jenis siput ini dapat membantu para petani mengurangi hama dan rasanyapun sungguh nikmat.


Sumber: Seasia.co

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga20%
Pilih SedihSedih20%
Pilih SenangSenang40%
Pilih Tak PeduliTak Peduli20%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Hyundai: Mencengkeram Asia Tenggara dari Indonesia Sebelummnya

Hyundai: Mencengkeram Asia Tenggara dari Indonesia

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya Selanjutnya

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.