Makanan Khas Daerah yang Mungkin Belum Pernah Anda Coba

Makanan Khas Daerah yang Mungkin Belum Pernah Anda Coba
info gambar utama

Berbicara makanan Indonesia, mungkin jika bertanya dengan orang luar negeri mereka akan menyebutkan Nasi Goreng atau Rendang. Tidak heran, berkat kedua makanan tersebut pada tahun 2011 dan 2017, masuk ke dalam polling CNN yang menyebutkan Nasi Goreng dan Rendang sebagai makanan terlezat di dunia. Namun, mengingat keragaman Indonesia yang luar biasa, rasanya wajar jika kita sebut makanan Indonesia tidak hanya Nasi Goreng dan Rendang saja. Berikut makanan khas daerah yang mungkin belum pernah adna coba sebelumnya:

PAPEDA

Papeda | Sumber: Wikimedia Commons
info gambar

Papeda merupakan makanan dari Maluku dan Papua yang memiliki warna putih dan tekstur yang lengket seperti lem, makanan ini biasanya dihidangkan bersama ikan Tuna atau Tongkol yang dibumbui dengan kunyit. Yang membuat spesial adalah cara makannya yang memerlukan sepasang sumpit atau stik untuk menggulungnya.. Seni dalam memakannya!

SUP GANGAN

Sup gangan | Sumber: dream.co.id
info gambar

Gangan merupakan sup ikan dari Belitung dengan citarasa kombinasi antara asem dan pedas. Yang membuat masakan ini spesial adalah tekstur lembut dari ikannya dan warna dari supnya, kuning. Gangan dimasak bersama bawang merah, cabai merah, daun serai, dan kemiri. Terkadang orang-orang memasukkan potongan nanas untuk memberikan rasa asam. Jika anda berkesempatan berkunjung ke Pulau Belitung, jangan sampai terlewat untuk mencoba makanan ini.

MIE ONGKLOK

Mie Ongklok | Sumber: Travel Today
info gambar

Mie Ongklok adalah mie rebus dengan sayur-sayuran dan bumbu spesial yang disebut "loh". Makanan ini merupakan makanan tradisional dari Wonosobo. Dengan suasana dingin di Wonosobo, Mie Ongklok sangat cocok menemani untuk menghangatkan tubuh.

ROTI MANTAU

Sumber: cina.panduanwisata.id
info gambar

Roti Mantau dari Balikpapan merupakan kreasi roti dari adaptasi Tionghoa di Indonesia. Roti ini terbuat dari tepung gandum dan memiliki tekstur yang lembut. Terdapat dua jenis Mantau, Mantau goreng dan Mantau kukus. Mantau dapat dimakan bersama saus sambal atau tomat, membuatnya menjadi lebih lezat!

GULAI SIPUT

Sumber: traveltodayindonesia.com
info gambar

Gulai Siput dapat ditemukan di Kepulauan Riau, sama seperti namanya, siput sawah menjadi makanan utama yang dimasak bersama rempah-rempah Melayu. Dalam bahasa Melayu dialek Rokan, makanan ini disebut Lengkitang, sedangkan dialek Kuantan Singingi makanan ini disebut Cipuik. Siput sawah sesungguhnya dianggap sebagai hama, oleh karena itu memasak jenis siput ini dapat membantu para petani mengurangi hama dan rasanyapun sungguh nikmat.


Sumber: Seasia.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini