Top 10 Konektivitas Bandara: Peringkat Asia Pasifik

Top 10 Konektivitas Bandara: Peringkat Asia Pasifik
info gambar utama

Pada Indeks Daya Saing Global 4.0 2018 bagian Konektivitas Bandara yang dirilis oleh World Economic Forum, 140 negara diperingkat berdasarkan konektivitas bandaranya. Indeks tersebut berdasarkan indikator konektivitas bandara IATA yang mengukur tingkat integrasi sebuah negara dengan jaringan transportasi udara global.

Indeks tersebut berdasarkan jumlah kursi tersedia yang ditawarkan penerbangan dari sebuah negara. Untuk masing-masing bandara, jumlah kursi tersedia ke masing-masing destinasi dibebankan kepada ukuran bandara destinasi (dalam hal jumlah penumpang yang ditangani). Total pembebanan kemudian dijumlahkan bagi seluruh destinasi, dan seluruh bandara di negara tersebut untuk mendapatkan hasil akhir.

Sementara Amerika Serikat masih berada di urutan teratas, negara-negara Asia Pasifik terlihat jelas mendominasi, dengan adanya 6 negara di daftar top 10 global. Ke-10 negara tersebut adalah Tiongkok, Jepang, India, Indonesia, Thailand, dan Australia. 3 negara lainnya melengkapi peringkat top 10 global tersebut berasal dari Eropa; Inggris di posisi ke 6, Jerman di posisi ke 7, dan Spanyol di posisi ke 8.

Berikut peringkat negara Asia Pasifik (Top 10):

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar


Sumber: World Economic Forum | Seasia.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini