Kerja Keras Ku Ka Pasarkan Produk Indonesia di Jepang

Kerja Keras Ku Ka Pasarkan Produk Indonesia di Jepang

Final meeting Ku Ka dengan Atase Perdagangan KBRI Tokyo © Dok. Ku Ka

3.200 produk dari 30 merek lokal Indonesia bulan Januari 2019 nanti akan dipamerkan dan diperjualbelikan di Jepang. Dalam acara Hello 2019 Love Indonesia di SEIBU Shibuya Jepang, produk-produk Indonesia dibawa langsung dari dalam negeri oleh Ku Ka.

Ku Ka merupakan marketplace daring khusus produk lokal Indonesia, yang konsisten dengan janjinya untuk selalu memajukan produk lokal. Perusahaan rintisan yang namanya singkatan dari Aku Suka ini berdiri sejak September 2015, yang memberi ruang untuk desainer lokal, para pengrajin, dan para pembuat makanan di Indonesia untuk menunjukkan kreativitas produk-produknya.

Lika-liku proses persetujuan dihadapi Ku Ka dalam upayanya memboyong produk-produk kreatif Indonesia ke Hello 2019 Love Indonesia. Disadur dari siaran pers yang diterima GNFI, tantangan yang dihadapi Ku Ka mulai dari kesiapan brand-brand lokal sampai meraba sistem instansi pemerintahan.

Tantangan yang disebut terakhir terkadang menjadi kendala di administrasi dan sertifikasi, walaupun produk sudah lolos pemetaan kurasi dari segi desain dan kualitas Ku Ka.

Proses kurasi sampel produk di Ku Ka | Foto: Dok. Ku Ka
Proses kurasi sampel produk di Ku Ka | Foto: Dok. Ku Ka

“Ku Ka akhirnya memiliki insight baru untuk brand-brand lokal Indonesia bahwa untuk pasar di negara maju, produk-produk yang berkaitan dengan makanan atau bersentuhan langsung dengan kulit, sertifikasi adalah hal penting. Dalam kasus pasar Jepang, Ku Ka akhirnya memproses sertifikasi internasional untuk beberapa produk yang menurut kami layak diperjuangkan, menggunakan dana operasional sendiri,” ucap CEO & Founder Ku Ka Indonesia, Titonius Karto.

Namun berkat kerja keras Ku Ka, segala upaya tersebut akhirnya berbuah manis. Bermodalkan surat keterangan dari Atase Perdagangan KNRI Tokyo mengenai proyek Hello 2019 Love Indonesia, Ku Ka berhasil mendapat surat keterangan dari Kementerian Perdagangan terkait pengiriman produk kopi.

Kemudian untuk pengiriman produk-produk lainnya, Ku Ka mengurusnya melalui kerja sama dengan Garuda Cargo dan perusahaan jasa ekspor. Dengan demikian, tibalah 3.200 produk lokal Indonesia di Jepang pada 18 Desember lalu. Produk-produk ini akan dipersiapkan tampil di Hello 2019 Love Indonesia, yang digelar pada 1-14 Januari 2019.

Produk-produk Indonesia tiba di Jepang | Foto: Dok. Ku Ka
Produk-produk Indonesia tiba di Jepang | Foto: Dok. Ku Ka

Berikut ini adalah daftar deretan jenama lokal Indonesia yang dibawa Ku Ka:

Mia Chia, Krakakoa, Sukirya, Rejang Coffee, Boen Beans, Lunar Bag, Threadapeutic, Naloni Mitoni, Baleku, Studio Dapur, Toraja Melo, Paisley Things, Ardiyanto Batik, Alleira Batik, Kencana, Project Mummy, Kaminari, Eucalie, FogApothecary, Kolosal Natural, Batik Nyonya Indo, Kainku, Osem, Copa De Flores, Sancraft, Bikin Bikin, Salim Silver, Oscar Lawalata, Purana Indonesia, Day and Night, Lulu Lutfi Labibi, Jenggala, Strawberry Patch, dan (X)SML.


Sumber:

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kisah-kisah Heroik Masa Kini Indonesia Sebelummnya

Kisah-kisah Heroik Masa Kini Indonesia

Aplikasi Ini Ciptakan Pengalaman Belajar Seperti Bermain Game Selanjutnya

Aplikasi Ini Ciptakan Pengalaman Belajar Seperti Bermain Game

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.