Ini Dia Wakil Indonesia di Komisi HAM ASEAN!

Ini Dia Wakil Indonesia di Komisi HAM ASEAN!

Yuyun Wahyuningrum (kiri) di acara AICHR Dialogue © Twitter Yuyun Wahyuningrum

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia akan diwakili oleh Yuyun Wahyuningrum di ASEAN Intergovernmental Comission on Human Rights (AICHR). Pegiat HAM Indonesia ini bakal ikut berpartisipasi di ajang yang juga dikenal dengan nama Komisi HAM ASEAN itu, selama periode 2019-2021.

Wanita yang dipanggil Yuyun ini sekarang menjabat Penasehat Senior ASEAN dan HAM pada Human Rights Working Group. Ia terpilih berdasarkan seleksi yang diadakan Kementerian Luar Negeri, menyisihkan tiga finalis lainnya termasuk wakil Indonesia di periode 2016-2018, Dinna Wisnu.

“Menjadi wakil Indonesia di AICHR bukan tentang saya tetapi tentang bagaimana Indonesia menjalankan peran leadership-nya dalam HAM di ASEAN”, ujar Yuyun dikutip dari Tempo.co.

“Saya dipilih untuk berada di driving seat. Itu artinya saya harus menavigasi kepentingan HAM Indonesia di tingkat regional dengan terus mendengarkan arahan, kritik, masukan dari interlocutors (institusi-institusi terkait dan masyarkat sipil),” imbuhnya.

Selain menjabat sebagai Penasehat Senior ASEAN dan HAM di Human Rights Working Group, Yuyun juga aktif di sejumlah organisasi. Di antaranya adalah HRWG, ASEAN Parliamentarians for Human Rights, The Southeast Asian Initiatives for Human Rights Governance and Accountability atau SIHRA, dan Women Voices in ASEAN.

Kiprah Yuyun sebagai pegiat HAM sudah dimulai sejak dua tahun lalu. Ia fokus pada isu-isu yang berkaitan dengan ASEAN, seperti keamanan, politik, dan pilar kultur sosial ASEAN. Yuyun menyempatkan waktunya di sela-sela melanjutkan studi di program PhD Researcher di ISS Den Haag, Belanda.

Selama berkarier, karya-karyanya banyak dimuat media nasional maupun luar negeri, seperti The Jakarta Post, NewDesk Asia, Bangkok Post, The Nation, dan Talking ASEAN di Habibie Center.


Sumber: Tempo.co

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Sang Pemersatu dalam Produk Daging Olahan Sebelummnya

Sang Pemersatu dalam Produk Daging Olahan

Mereka yang "Menolak" Sains Selanjutnya

Mereka yang "Menolak" Sains

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.