Setelah sempat mendunia kepopulerannya di tahun 2017, film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak awal tahun ini ditayangkan lagi di bioskop Indonesia. Hal tersebut diumumkan di akun Instagram resmi Cinesurya, rumah produksi film Marlina.

View this post on Instagram

Sambut tahun baru dengan pengalaman sinematik bersama Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, film peraih 10 Piala Citra 2018, terbanyak dalam sejarah, yang akan kembali ke bioskop tanah air mulai 10 Januari 2019. Marlina pertama kali tayang di Directors Fortnight Cannes tahun 2017, setelah sebelumnya film panjang Indonesia absen selama 12 tahun dari rangkaian Cannes Film Festival. Situs aggregator kritik film Rotten Tomatoes memberi Marlina review Fresh dengan tomatometer 97%. Jangan lewatkan! #MarlinaSiPembunuhDalamEmpatBabak #MarlinaTheMurdererInFourActs #Cinesurya #MoulySurya #KaningaPictures #HOOQ #FilmIndonesia #FilmNasional

A post shared by Cinesurya:Marlina The Murderer (@cinesurya) on

Ada delapan kota yang menayangkan kembali film yang banjir penghargaan nasional maupun internasional ini. Kedelapan kota tersebut adalah kawasan Jabodetabek, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Medan, Bali, dan Kupang. Marlina akan tayang lagi secara serempak mulai 10 Januari 2019.

Walau film ini merupakan karya anak bangsa Indonesia, tapi penayangan perdananya justru dilakukan di Prancis. Dalam acara Directors Fortnight Cannes 2017, film garapan Mouly Surya ini menjadi film Indonesia pertama yang tayang di acara itu, setelah selama 12 tahun terakhir film-film Indonesia absen di Cannes Film Festival.

Popularitas film yang dibintangi Marsha Timothy ini kemudian semakin meningkat, usai memenangkan 10 dari 14 kategori Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI). Di antaranya adalah pemenang kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, dan Penulis Skenario Terbaik.

Kemenangan besar di Piala Citra kemudian membawa Marlina ikut penjurian di nominasi Piala Oscar 2019. Namun sayangnya, di pertengahan Desember 2018 lalu diumumkan bahwa Marlina gagal terpilih sebagai satu dari sembilan nominasi di kategori film berbahasa asing atau Foreign Language Film.

Sembilan film asing yang terpilih adalah Birds of Passage (Kolombia), The Guilty (Denmark), Never Look Away (Jerman), Shoplifters (Jepang), Ayka (Kazakhstan), Capernaum (Lebanon), Roma (Meksiko), Cold War (Polandia), dan Burning (Republik Korea).


Sumber: uzone.id, CNN Indonesia

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu