Ternyata Bungkus Daun Tidak Itu-Itu Saja, Ini Macamnya! (Bagian I)

Ternyata Bungkus Daun Tidak Itu-Itu Saja, Ini Macamnya! (Bagian I)

tokopedia

Styrofoam adalah kemasan yang banyak digunakan sebagai wadah berbagai produk. Di Indonesia, Styrofoam biasanya digunakan sebagai kemasan makanan. Memiliki nama ilmiah polistirena, styrofoam adalah kemasan terbuat dari plastik berjenis polistirena.

Dikutip dari CNN, meskipun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia menyatakan penggunaan produk kemasan makanan berjenis styrofoam aman bagi kesehatan. Akan tetapi penggunaanya yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia. Selain styrofoam, plastik juga sering digunakan untuk membungkus makanan.

Padahal penggunaan styrofoam dan plastik dapat berdampak kepada lingkungan. Dikarenakan berbahan dasar zat yang sulit diuraikan.

Setelah kita tahu gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh styrofoam dan plastik juga dampak lingkungan yang dihasilkan, sebaiknya kita harus memilih bahan lain untuk membungkus makanan. Salah satunya dengan kembali ke alam, yaitu bungkus daun pisang.

Di Indonesia sendiri khususnya di pulau Jawa, bungkus pisang biasanya digunakan untuk membungkus makanan oleh para penjual makanan pinggir jalan ataupun warung. Selain bahannya yang ramah lingkungan atau dengan kata lain alami, penggunaan bungkus pisang dapat menambah kenikmatan pada makanan tersebut.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga memiliki banyak sekali cara atau tradisi membungkus. Ada beberapa macam bentuk kemasan daun pisang yang umum dijumpai, namun ada juga beberapa bentuk kemasan daun pisang yang sudah mulai jarang kita lihat. Hal ini juga disebabkan karena penggunaan kemasan modern seperti styrofoam dan plastik.

Pincuk

sumber : anakjajan
sumber : anakjajan

Pincuk adalah bungkus makanan yang sering kita jumpai, terutama ketika kita membeli sate daging khas Madura, Semanggi Suroboyo, nasi liwet , nasi pecel, dan beberapa menu makanan tradisional lainnya.
Dengan bungkusan model seperti ini para pembeli akan dimudahkan untuk memegangnya.

Pinjung

Sumber : yukepo
Sumber : yukepo

Untuk bungkus yang satu ini biasanya digunakan untuk membungkus kue atau jajanan tradisional. Dengan bentuk kemasan yang menyerupai limas, bungkus pinjung ini dapat membungkus kue tradisional tersebut dengan baik.

Samir

Sumber : Samir
Sumber : Samir

Samir adalah alas makanan yang berbentuk bundar dan biasanya diletakkan di atas piring atau besek. penggunaan alas Samir sering dijumpai ketika kita membeli makanan tradisional di pinggir jalan, seperti nasi pecel dan sate daging atau makanan yang sedikit berkuah.

Sudi

sumber : cookpad
sumber : cookpad

Berbeda dengan Samir, Sudi digunakan sebagai wadah lauk kering yang tidak berkuah yang biasa kita jumpai pada acara selamatan, selain itu juga sebagai wadah kue-kue kecil seperti klepon, cenil, getuk dan lain-lain.

--

Diambil dari bebagai sumber

Pilih BanggaBangga24%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang24%
Pilih Tak PeduliTak Peduli5%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi10%
Pilih TerpukauTerpukau38%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Komik Buatan Kreator Indonesia Tembus Pasar Asia Tenggara Sebelummnya

Komik Buatan Kreator Indonesia Tembus Pasar Asia Tenggara

Menyulap Batuan Kali Menjadi Karya Seni Selanjutnya

Menyulap Batuan Kali Menjadi Karya Seni

Akhina Z
@fachrezy

Akhina Z

Writer

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.