Deretan Produk Indonesia di Kejuaraan Balap Dunia

Deretan Produk Indonesia di Kejuaraan Balap Dunia
info gambar utama

Dengan predikat sebagai kejuaraan balap dunia, banyak yang mengira produk-produk yang dipakai di kompetisi itu kebanyakan berasal dari produsen Eropa atau Amerika. Tapi tahukah kamu, kalau produk Indonesia ternyata juga bisa menembus kompetisi adu cepat kuda besi ini lho!

Setidaknya ada enam produk Indonesia yang dipercaya menjadi peralatan pembalap di kejuaraan balap dunia, baik dari peralatan untuk pengemudinya maupun suku cadang di motornya.

Ban Corsa

Ban asli Indonesia yang diproduksi oleh PT. Multistrada Arah Sarana ini menjadi alternatif selain ban yang sudah mendunia kepopulerannya, yakni Michelin dan Bridgestone. Ban Corsa tipe R46 biasanya yang sering dipakai di ajang balap internasional.

Ban FDR

Pesaing Corsa di dunia ban, FDR, juga kerap dipercaya sebagai penyedia ban di ajang balap, terutama skala nasional. Ban yang diproduksi oleh PT. Suryaraya Rubberindo Industries ini jamak dijumpai di lomba-lomba seperti Honda Dream Cup, Indospeed Race Series, dan lain-lain.

Knalpot R9

Namanya sangat beraroma dunia, tapi jangan salah sangka, R9 justru produk asli Indonesia lho, Kawan GNFI! Knalpot buatan PT. Anantha Berkat Jaya di Tangerang ini hebatnya bisa menembus level Moto2, karena pernah dipakai tim Gresini. Produk R9 tak hanya knalpot balap, karena juga ada knalpot matic, sport 150cc dan 250cc.

Knalpot ProSpeed

Pesaing R9 di bidangnya. Dengan harga kebih terjangkau, karena knalpot ProSpeed terbuat dari stainless steel, dibandingkan R9 yang beberapa produknya terbuat dari titanium. Selain knalpot balap, ProSpeed juga menyediakan knalpot untuk dirt bike seperti CRF dan KLX.

Aleix Espargaro dan helm KYT-nya | Foto: KYT Helmet
info gambar

Helm KYT

Hayooo siapa yang mengira helm ini buatan Cina? Ternyata helm KYT buatan Indonesia lho Kawan GNFI. dan satu produsen dengan helm INK, MDS, Hiu, dan BMC. PT. Tarakusuma Indah adalah pembuatnya, dan helm ini pertama kali tampil di MotoGP saat dipakai Andrea Iannone. Sekarang pemakai setia helm KYT di MotoGP adalah Aleix Espargaro.

Jules Danilo dan helm NHK yang dipakainya | Foto: NHK
info gambar

Helm NHK

Tak ingin kalah dengan KYT dan saudara-saudaranya, PT. NHK Indonesia juga meluncurkan produk berkualitas dunia. Helm NHK pun sukses menembus ajang balap internasional, ketika dipakai pembalap Moto2, Jules Danilo.


Sumber: IDN Times

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AI
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini