‘Cipta’, Superhero dari Makassar Pemenang Lomba Komik Dunia

‘Cipta’, Superhero dari Makassar Pemenang Lomba Komik Dunia
info gambar utama

Rizka Raisa Fatimah, remaja asal Makassar baru saja menorehkan prestasi membanggakan di kancah internasional. Perempuan berusia 17 tahun ini memenangkan lomba komik kelas dunia, dengan pahlawan super bernama Cipta yang menjadi karyanya.

Kontes komik pahlawan super yang dimenangkan Rizka diadakan oleh UNICEF dan Comics Uniting Nations, pada Oktober 2018 lalu. Di ajang tersebut, komik ciptaan Rizka mendapat suara terbanyak, 23.000 dari 3.600 karya yang dipentaskan. Sekitar 130 negara berpartisipasi di lomba tersebut.

Lomba ini bertemakan karakter pahlawan super yang mengalahkan tokoh jahat, yang membungkam anak-anak yang hendak berbicara melawan kekerasan di sekolah-sekolah.

Rizka mengungkapkan ide awal pembuatan karakter Cipta berasal dari pengalaman pribadinya, yang mengalami pahitnya senioritas di awal masuk SMA. Pengalaman ini mendorongnya untuk terus berkarya lewat gambar, yang sudah ditekuninya sejak kelas 3 SD.

“Saya lebih nyaman speak up lewat gambar. Kalau berhadapan langsung dengan orang lain, apalagi dengan yang tidak dekat, sulit sekali ngomong. Dengan gambar saya merasa lebih bebas bereskpresi,” terangnya, dikutip dari VOA Indonesia.

Untuk bentuk tubuh dan wajah karakter Cipta, Rizka terinspirasi dari beberapa karakter di film kartun favoritnya. Di antaranya adalah Velma dari film Scooby Doo, Dora The Explorer, dan Chara serta Frisk.

“Inspirasinya berasal dari banyak sumber. Dari kecil saya suka main game, baca komik. Semua ingatan itu bergabung menjadi satu. Semuanya tercampur aduk,” tuturnya.

Sebagai karakter pahlawan super, Cipta tentunya diberkahi kekuatan super untuk menumpas kejahatan musuh-musuhnya. Kekuatan supernya berupa buku sketsa ajaibnya, yang membuat segala sesuatu yang tergambar di situ bisa hidup dan dikendalikan oleh Cipta.

Sebagai pemenang di lomba ini, komik Cipta akan dicetak pada Juli 2019 dan disebarkan ke lebih dari 100.000 sekolah di seluruh dunia. Selain itu, di bulan yang sama komik Cipta juga akan dipamerkan di Forum Politik Tingkat Tinggi tentang Pembangunan Berkelanjutan di markas besar PBB di New York, Amerika Serikat. Rizka akan diterbangkan ke sana untuk menampilkan karyanya.

Selamat ya, Rizka dan Cipta!


Sumber: VOA Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini