Digitalisasi Sekolah ala SMA Labschool UNESA

Digitalisasi Sekolah ala SMA Labschool UNESA

KIPIN ATM, salah satu inovasi dari SMA Labschool UNESA © pendidikan.id

Inovasi-inovasi di dunia pendidikan Indonesia kian marak dari tahun ke tahun. Selain beragam metode pembelajaran yang dibuat lebih menarik, ada pula sistem digitalisasi yang membuat sistem belajar-mengajar semakin paperless.

Pembaruan ini dilakukan oleh SMA Labschool UNESA, Surabaya. Sekolah yang bernaung di bawah yayasan Universitas Surabaya (UNESA) ini, memiliki dua inovasi dalam memajukan metode pembelajaran di sekolah.

Inovasi yang pertama adalah KIPIN ATM. Sebuah kios pintar digital yang bentuknya seperti mesin ATM. Kios ini berisi ribuan buku sekolah yang diterbitkan Kemendikbud dalam bentuk e-book, video pembelajaran berbasis kurikulum 2013, latihan soal try out, dan komik literasi.

KIPIN ATM tidak membutuhkan internet untuk pengoperasiannya, karena sudah bisa dioperasikan bermodalkan listrik saja. Justru, alat ini menyediakan Wi-Fi gratis bernama KIPIN eduSPOT, yang membuat para murid dapat mengunduh segala data yang diperlukan di KIPIN ATM tanpa perlu mengorbankan pulsa atau kuota internet.

Kemudian inovasi yang kedua adalah Pendidikan Tryout Online (PTO). Sistem ini mengganti penggunaan kertas di ujian sekolah, beralih ke sistem online menggunakan gawai seperti ponsel pintar, tablet, dan komputer.

Adanya PTO bisa mengurangi penggunaan kertas secara signifikan, karena sekolah tak perlu lagi mencetak dan meng-copy berkas ujian. Penyimpanan naskah soal pun bisa lebih efisien. Selain itu, guru juga dimudahkan lantaran sistem unduh nilai bisa dilakukan secara cepat dan mudah, dilengkapi dengan grafik dan statistik hasil ujian murid.

Pun bagi para peserta didik di SMA Labschool Surabaya, penggunaan PTO tidak menemui kendala berarti karena para murid sudah sangat familiar dengan penggunaan gawai. Ini sekaligus menjadi persiapan untuk menghadapi ujian CBT (Computerized Based Test) di UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Inovasi yang dibuat SMA Labschool Surabaya ini sempat dipamerkan di JX International Convention, Surabaya, dalam tema “Pemanfaatan IT untuk Pendidikan – Sekolah Menuju 100% Digital” di pameran pendidikan SMA-SMK.

Di acara tersebut para pengunjung dapat mencoba inovasi SMA Labschool Surabaya secara gratis, seperti mengunduh e-book di KIPIN ATM, dan mencoba tryout online yang sudah disediakan di stand SMA Labschool.**

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi33%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Sejarah Terasi : Dari Kerajaan Cirebon Hingga Dibawa Laksamana Cheng Ho Sebelummnya

Sejarah Terasi : Dari Kerajaan Cirebon Hingga Dibawa Laksamana Cheng Ho

DJ Asal Amerika Ini Gunakan Unsur-Unsur Indonesia pada Single Terbarunya Selanjutnya

DJ Asal Amerika Ini Gunakan Unsur-Unsur Indonesia pada Single Terbarunya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.