Indonesia patut berbangga dengan anak bangsa yang satu ini, khususnya warga Jambi, karena karya pelukis kartun atau kartunis yang bernama Edi Dharma ini terpilih sebagai tiga terbaik dari ratusan kartunis dunia.

Dilansir dari akun facebook pribadinya, ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada siapapun yang telah membantu dan mendukungnya pada saat acara pameran kartun lintas negara itu berlangsung "150 Kartunis dunia terdiri dari 35 negara yang turut serta dalam Pameran Kartun Lintas Negara di Klantan Kota Bharu Malaysia, Terimakasih kepada semua yang mendukung saya dalam bekarya selama ini," Tulisnya pada hari Minggu, 13 Januari 2019.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Dikutip dari JambiDaily, ia mengaku tidak menyangka akan hasilnya yang membanggakan tersebut. Karena ia telah mengikuti 3 kali kompetisi kartun dunia dan baru ke-4 inilah karyanya tembus juara, selebihnya partisipan saja.

Ia juga menjelaskan, ada sekitar 360 karya dari 110 kartunis dari berbagai negara di dunia yang ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut. Diantaranya Aljazair, Argentina, Afghanistan, Azerbajin, Austria, Brasil, Bulgaria, Kuba, Cina, Siprus, Kroasia, Indonesia, Iran, Italia, Mesir, Maroko, Malaysia, Makedonia, Myanmar, Norwegia, Rusia, Turki, Polandia, Peru, Portugal, Rumania, Serbia, Singapura, Ukraina, Uruguay, dan Uzbekistan.

Indonesia sendiri diwakili 24 kartun, Cina sebanyak 23 kartu, sedankan Turki dan Iran sebanyak 13 dan 11.

"Memasyarakatkan kartun sebagai media demostrasi dan kritik positif untuk kehidupan yang lebih baik. Jika ditanya Rencana, tetap kritis dengn skill selama hayat masih dikandung badan," harapnya.

--

Sumber : JambiDaily

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu