Universitas Indonesia (UI) sekali lagi memimpin Indonesia dalam daftar universitas paling berpengaruh di negara-negara ekonomi berkembang, karena universitas ini masuk dalam peringkat 100 teratas dalam peringkat yang dikeluarkan oleh Times Higher Education (THE), majalah yang berperan pentik dalam peringkat universitas paling berpengaruh di dunia.

Universitas Indonesia melompat ke posisi 100 teratas, naik dari posisi ke-184 pada grafik tahun lalu ke peringkat ke-82 - posisi yang secara bersamaan diemban oleh Institut Teknologi Beijing di Cina - dalam Peringkat 2019 THE Emerging Economies Rankings.

Institut Teknologi Bandung | Sumber: Tirto
Institut Teknologi Bandung | Sumber: Tirto

Peringkat yang diluncurkan pada hari Rabu, mencakup hampir 450 universitas, meningkat dari jumlah 378 tahun lalu, yang berlokasi di 43 negara di empat benua. Secara keseluruhan, lima universitas Indonesia termasuk dalam peringkat tersebut , dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jawa Barat naik 27 tempat ke posisi 146 bersama dengan Universitas Pertanian Nanjing di Cina. Universitas-universitas Indonesia lainnya adalah Institut Pertanian Bogor (IPB) di Jawa Barat, Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, serta Institut Teknologi 10 November (ITS) di Surabaya, Jawa Timur.

Graha ITS | Sumber: IDN Times
Graha ITS | Sumber: IDN Times

Untuk memberikan perbandingan yang paling komprehensif, seimbang dan dapat dipercaya untuk universitas, THE menggunakan indikator kinerja yang dikalibrasi secara hati-hati yang dikelompokkan ke dalam lima bidang.

Area pertama adalah pengajaran, yang mencakup lingkungan belajar. Berikutnya adalah penelitian, yang terdiri dari volume, pendapatan, dan reputasinya. Area ketiga adalah kutipan, yang memperhitungkan pengaruh penelitian. Keempat adalah pandangan internasional, yang mencakup staf, mahasiswa, dan penelitian. Dan akhirnya, area kelima adalah pendapatan industri, di mana transfer pengetahuan dievaluasi.

"Peningkatan pesat [UI] terjadi berkat peningkatan pengajaran, penelitian, dan skor pandangan internasional - serta kenaikan yang sangat kuat tahun ini dalam skor pendapatan industri," tulis majalah itu dalam sebuah pernyataan.

Gerbang masuk Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia | Sumber: Vulcan Post
Gerbang masuk Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia | Sumber: Vulcan Post

Majalah ini juga mencatat peningkatan signifikan di universitas-universitas di negara-negara Asia Tenggara, dengan Universiti Malaya mengklaim posisi regional tertinggi di peringkat ke-18. Sementara itu, Cina mendominasi peringkat 2019 dengan 72 lembaga, empat di antaranya mengklaim posisi lima besar. Sebelumnya, pada bulan Oktober, UI menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang masuk dalam THE 2019 THE World University Rankings, karena universitas tersebut diperingkatkan di kisaran 601-800 di dunia - peningkatan peringkat 2018 ketika berada di 801- 1000 braket.


Sumber: Jakarta Post

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu