DKI Jakarta Raih Top 50 Smart City Government

DKI Jakarta Raih Top 50 Smart City Government
info gambar utama

Kabar baik datang dari Ibu Kota Negara Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih Top 50 Smart City Government 2018. Pada peringkat tersebut, Jakarta berada di posisi ke-47 Smart City Government dari 140 kota di dunia.

"Predikat tersebut diraih atas dasar sepuluh indikator penilaian," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Republika.

Penilaian tertinggi dalam penghargaan tersebut pada Indikator visi Pemprov DKI Jakarta, Kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai kepala pemerintahan serta alokasi anggaran/APBD Provinsi DKI Jakarta.

"Alhamdulillah, baru saja mendapatkan informasi dari Eden Strategy Institute, sebuah perusahaan konsultasi, ada 140 kota yang diriset dan diranking untuk pengembangan smart city-nya. Jakarta mendapatkan predikat Top 50," kata Atika.

Pihaknya tidak akan berpuas diri dengan prestasi yang baru saja diraih. Pihaknya mempersiapkan smart city 4.0 yang fokus pada pengembangan platform kolaborasi, yaitu kota yang menjadi platform satu atap yang memungkinkan kolaborasi industri terjadi antara perusahaan swasta dan badan publik dalam berbagi data, mengembangkan wawasan dan lebih jauh meningkatkan layanan publik agar lebih memenuhi kebutuhan warganya.

Melalui konsep smart city, Hal-hal yang akan diimplementasikan di Jakarta yang dibuat berdasarkan enam pilar, yaitu Smart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy dan Smart Environment.

--

Sumber : Republika

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini