Siapa sih yang nggak tahu kalau Indonesia adalah negara yang kaya akan flora maupun faunanya? Kekayaan ini terjadi karena Indonesia memiliki wilayah yang luas dan juga memiliki keadaan alam yang bervariasi.

Wilayah Indonesia dari Sabang – Merauke membuat bukan hanya budaya dan suku bangsa yang berbeda-beda loh, bahkan faunanya pun memiliki jenis dan juga ciri-ciri yang berbeda. Nah, kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat 4 fauna yang asli dari Indonesia.

Pesut Mahakam

by majalahkartini
by majalahkartini

Pesut adalah nama lain dari Lumba-Lumba air tawar. Seperti namanya pesut ini bukan hidup di laut melainkan di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Hewan mamalia yang menggemaskan ini sangat menyukai makan ikan dan juga udang, selain itu juga mereka sangat senang bermain. Sayangnya keberadaannya sekarang semakin terancam karena pada 2007 ditemukan hewan mamalia ini tinggal berjumlah 50 ekor saja, wah sedih banget ya.

Hewan ini terancam punah karena keberadaanya yang sangat dekat dengan manusia. Di mana penduduk sekitar memanfaatkan kemunculan pesut menjadi indikasi waktu yang tepat untuk menjaring ikan dan udang yang lebih banyak, hasilnya banyak juga pesut yang terjaring dan menjadi terluka dan akhirnya mati. Untuk itu sekarang hewan mamalia ini dilindungi keberadaanya oleh Undang-undang di Indonesia.

Rakong Gading

by  jalaksuren
by jalaksuren

Burung raksasa cantik ini memang memiliki nama yang unik ya, Rakong Gading. Burung yang satu ini hidup di berbagai tempat di dunia dan salah satunya di Indonesia. Terdapat 9 jenis Rakong Gading di Sumatera dan 8 jenis Rakong Gading di Kalimantan.

Rakong Gading memiliki paruh dan warna yang sangat eksotis. Dengan bentuk paruh yang unik dan berwarna warni serta bulu yang hitam. Burung ini hidup di dataran rendah, sering ditemui dipepohanan yang tinggi disaat pohon berbuah, dan sering juga didapati berkawan dengan monyet dan burung-burung yang lain.

Di Kalimantan Barat burung ini menjadi simbol andalan mereka. Di gambarkan sebagai simbol ‘alam atas’ dan juga sebagai kedewataan yang maskulin. Burung ini juga sebagai symbol persatuan bagi Suku Dayak.

Burung Cendrawasih

by indovoices
by indovoices

Siapa yang tidak mengenal burung cantik satu ini, Burung Cendrawasih adalah burung cantik yang sudah terkenal di seluruh dunia. Karena kecantikannya yang langka burung ini juga di lindungi oleh dunia internasional.

Burung ini sangat jarang didapati dalam posisi diatas tanah, karena mereka lebih suka terbang dari pohon satu dan pohon lainnya. Burung yang cantik ini memang saat ini masih dimanfatkan oleh penduduk lokal untuk menjadi pelengkap di baju tradisionalnya. Namun tenang saja, mereka akan terjaga dengan baik karena, masyarakat lokal memiliki kearifan lokal yang sangat baik untuk menjaga adanya burung yang cantic ini.

Harimau Sumatera

greeners.co

Fauna yang terakhir adalah Harimau Sumatra, hewan yang sangat di takuti banyak orang ini juga termasuk hewan yang dilindungi di Indonesia. Seperti namanya Harimau ini berasal dari Sumatera. Sayangnya populasi harimau ini semakin sedikit. Kebanyakan dari populasinya juga hanya ada di taman nasional Sumatera.

Bagaimana, sudah lebih mengenal ke empat fauna dari Indonesia ini kan? Nah, setelah mengenalnya mari kita menjaga fauna kita yang tercinta ini agar tidak punah, karena hal ini akan baik untuk keseimbangan alam di bumi kita ini.

Sumber: https://magazine.yoexplore.co.id/wildlife_nature-id/fauna-asli-indonesia/

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu