ATM pintar yang memberi layanan edukasi berupa e-book gratis ini telah tiba di Jakarta pada Kamis (17/1) lalu. KIPIN ATM namanya, yang merupakan singkatan dari Kios Pintar. Ini merupakan inovasi dari pendidikan.id dalam menggiatkan literasi membaca.

Di hari tersebut KIPIN untuk pertama kalinya diletakkan di kantor perpustakaan wilayah Jakarta Barat. Mesin perpustakaan digital ini langsung disambut dengan semangat literasi oleh para anggota dan pengunjung perpustakaan.

Ini dikarenakan KIPIN telah menjadi tren baru dalam dunia literasi Indonesia. Mesin pintar yang berbentuk seperti mesin ATM ini dapat diakses secara gratis oleh kalangan pelajar apapun, mulai dari SD, SMP, sampai SMA atau SMK.

Tidak dibutuhkan jaringan internet untuk mengunduh buku-bukunya ke gawai, justru KIPIN menyediakan layanan Wi-Fi gratis bernama eduSPOT. Dengan demikian, e-book yang diunduh dari KIPIN dapat diakses pengguna, kapanpun dan di manapun.

KIPIN saat tiba di Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Barat | Foto: pendidikan.id
KIPIN saat tiba di Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Barat | Foto: pendidikan.id

“KIPIN memang dapat sangat membantu dalam meningkatkan minat baca atau literasi pengunjung perpustakaan, terutama melalui konten komik literasinya. Para pengunjung yang masih duduk di bangku sekolah tentu sangat senang mengisi waktu luangnya dengan membaca komik-komik tersebut. Komiknya menarik, aksesnya mudah, mendidik pula,” ujar Kepala Perpustakaan Jakarta Barat, Yudi Widoyoko, dalam sambutannya.

“Anak-anak pasti banyak yang antre, karena mereka tahu bahwa ada video pembelajaran, latihan soal dan komik yang bisa di-download gratis di sini. Menurut saya KIPIN benar-benar pembaharuan di dunia perpustakaan, terutama untuk anak usia sekolah!” imbuhnya, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima GNFI.

Sebelum tiba di Jakarta, KIPIN juga sempat tebar pesona dalam pameran inovasi pendidikan di JX International Convention, Surabaya, beberapa waktu lalu. KIPIN saat itu ditampilkan oleh SMA Labschool UNESA, bersamaan dengan Pendidikan Tryout Online yang diperkenalkan oleh sekolah tersebut.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu