Setelah Surabaya, KIPIN Tebar Pesona di Jakarta

Setelah Surabaya, KIPIN Tebar Pesona di Jakarta

KIPIN ATM saat dipamerkan oleh SMA Labschool UNESA © pendidikan.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

ATM pintar yang memberi layanan edukasi berupa e-book gratis ini telah tiba di Jakarta pada Kamis (17/1) lalu. KIPIN ATM namanya, yang merupakan singkatan dari Kios Pintar. Ini merupakan inovasi dari pendidikan.id dalam menggiatkan literasi membaca.

Di hari tersebut KIPIN untuk pertama kalinya diletakkan di kantor perpustakaan wilayah Jakarta Barat. Mesin perpustakaan digital ini langsung disambut dengan semangat literasi oleh para anggota dan pengunjung perpustakaan.

Ini dikarenakan KIPIN telah menjadi tren baru dalam dunia literasi Indonesia. Mesin pintar yang berbentuk seperti mesin ATM ini dapat diakses secara gratis oleh kalangan pelajar apapun, mulai dari SD, SMP, sampai SMA atau SMK.

Tidak dibutuhkan jaringan internet untuk mengunduh buku-bukunya ke gawai, justru KIPIN menyediakan layanan Wi-Fi gratis bernama eduSPOT. Dengan demikian, e-book yang diunduh dari KIPIN dapat diakses pengguna, kapanpun dan di manapun.

KIPIN saat tiba di Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Barat | Foto: pendidikan.id
KIPIN saat tiba di Perpustakaan dan Arsip Kota Jakarta Barat | Foto: pendidikan.id

“KIPIN memang dapat sangat membantu dalam meningkatkan minat baca atau literasi pengunjung perpustakaan, terutama melalui konten komik literasinya. Para pengunjung yang masih duduk di bangku sekolah tentu sangat senang mengisi waktu luangnya dengan membaca komik-komik tersebut. Komiknya menarik, aksesnya mudah, mendidik pula,” ujar Kepala Perpustakaan Jakarta Barat, Yudi Widoyoko, dalam sambutannya.

“Anak-anak pasti banyak yang antre, karena mereka tahu bahwa ada video pembelajaran, latihan soal dan komik yang bisa di-download gratis di sini. Menurut saya KIPIN benar-benar pembaharuan di dunia perpustakaan, terutama untuk anak usia sekolah!” imbuhnya, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima GNFI.

Sebelum tiba di Jakarta, KIPIN juga sempat tebar pesona dalam pameran inovasi pendidikan di JX International Convention, Surabaya, beberapa waktu lalu. KIPIN saat itu ditampilkan oleh SMA Labschool UNESA, bersamaan dengan Pendidikan Tryout Online yang diperkenalkan oleh sekolah tersebut.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
The Guardian Pun Ikut Tronjal-Tronjol Sebelummnya

The Guardian Pun Ikut Tronjal-Tronjol

Membangun Pola Pikir Agile Dalam Tim Selanjutnya

Membangun Pola Pikir Agile Dalam Tim

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.