Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi DUnia, Times Higher Education (THE), merilis Top 100 Emerging Economies University Rangking. Universitas Indonesia (UI) masuk pada daftar tersebut dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia. Bersama dengan Beijing Insitute of Technology, Universitas Indonesia meraih posisi ke-82.

Muhammad Anis, selaku Rektor UI, mengungkapkan rasa bangganya. Dikutip dari Medcom.id, pihaknya mengaku bangga menjadi perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil meraih peringkat ke-82 dalam kancah pemeringkaan universitas terbaik di negara berkembang.


Tahun ini merupakan tahun keempat Indonesia masuk ke dalam pemeringkat THE. Lembaga menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan performa pengajaran, penelitian, transfer dan sharing keilmuan, serta cakupan internasional sebuah universitas.

"Dengan prestasi ini, diharapkan, nama baik Pendidikan di Indonesia dapat terus dikenal oleh masyarakat dunia, sehingga bertambah banyak jumlah mahasiswa asing yang ingin menikmati perkuliahan di negeri ini," ujar Anis yang dikutip dari Medcom.

Pada peringkat pertama hingga keempat diraih oleh Perguruan Tinggi dari Negara Republik Rakyat Tiongkok, yaitu Tsinghua University, Peking University, Zhejiang University, dan University of Science and Technology of China. Sedangkan Malaysia, ada tiga Perguruan Tinggi yang masuk dalam Top 11 yaitu University of Malaya, Universiti Teknologi Petronas, dan Universiti Teknologi Malaysia (peringkat 18, 60, 86 secara berturut-turut).

--

Sumber : Medcom.id

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu