Mengenal Burung Madu Cantik

Mengenal Burung Madu Cantik
info gambar utama

Bila berada di hutan terbuka, di areal terbuka atau kebun-kebun pinggir hutan, mungkin kita akan melihat burung cantik dengan warna dominan kuning yang cantik dan aktif terbang dari dahan dan dari satu bunga ke bunga yang lain.

Burung itu ukurannya lebih mungil dibandingkan dengan burung-burung pada umumnya, yaitu 8-15 cm saja. Beberapa spesies dari burung ini mampu mengepakkan sayapnya hingga 90 kali/detik di udara, selain itu burung ini juga mampu untuk terbang mundur dan dengan lincahnya burung ini dapat terbang dengan manuver yang tinggi, yakni kecepatannya mampu menempuh hingga 54 km/jam atau 15 meter/detik.

Karena perannya sangat penting dalam membantu penyerbukan secara alami terhadap tanaman – tanaman di hutan dan di perkebunan, burung madu masuk dalam hewan yang dilindungi.

Ada 5 jenis burung madu yang dilindungi, yaitu Burung Madu Jawa (Aethopyga Mystacalis), Burung Madu Sepah-raja (Aethopyga Siparaja), Burung Madu Sangihe (Aethopyga Duyvenbodei), Burung Madu Leher-Merah (Anthreptes Rhodolaemus), Burung Madu Sumba (Cinnyris Buettikoferi). Sementara burung madu lainnya, seperti Burung Madu Sriganti tidak termasuk yang dilindungi.

Burung Madu Sriganti yang keberadaannya melimpah di alam liar | Foto: Anton Wisuda/Mongabay Indonesia
info gambar

Burung Madu Sriganti (Nectarinia jugularis ), adalah spesies burung dari keluarga Nectariniidae. Sesuai dengan namanya, burung ini adalah jenis burung pemakan nektar, serangga kecil, laba-laba. Burung ini biasa hidup di hutan terbuka di dataran rendah hingga pegunungan. Juga sering kali hidup berkelompok mendiami area perkebunan, pekarangan rumah, taman, semak belukar, dan hutan mangrove.

Tubuh Sriganti jantan bagian bawah berwarna kuning terang, dagu dan dada hitam-ungu metalik, dan punggung hijau zaitun. Sedangkan betinanya, mempunyai tubuh bagian bawah berwarna kuning, tanpa warna hitam pada dagu dan dada, dan alis biasanya kuning muda.

Hidup dalam kelompok kecil dan sering berpindah-pindah tempat. Sarangnya berbentuk kantung, dari rumput terjalin dengan kapas alang-alang, pada dahan yang rendah. Telur burung madu sriganti berwarna keputih-putihan, berbintik abu-abu putih, dan berjumlah 2 butir sekali bertelur. Burung mungil ini pun berbiak sepanjang tahun.

Burung Madu Sriganti. Foto : Anton Wisuda/Mongabay Indonesia
info gambar
Burung Madu Sriganti | Foto: Anton Wisuda/Mongabay Indonesia
info gambar

Burung Madu Sriganti (Nectarinia jugularis) | Foto: Anton Wisuda/Mongabay Indonesia
info gambar


Sumber: Mongabay Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini