Indonesia Sukses Uji Coba Pengiriman Barang Menggunakan Drone

Indonesia Sukses Uji Coba Pengiriman Barang Menggunakan Drone

Drone UPS © Reuters/Scott Audette

Kecepatan pengiriman barang sangat penting bagi industri e-commerce yang mengandalkan platform digital. Untuk menjawab hal tersebut, mengirim barang menggunakan drone bisa menjadi solusi. Salah satu peritel online terbesar asal China JD.com menangkap peluang tersebut.

JD.com melakukan uji coba penerbangan drone perdana pada 8 Januari 2019, di kawasan Jawa Barat. Rute drone tersebut terbang dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles.

Barang-barang yang dikirim dengan menggunakan drone tersebut adalah sebagian dari donasi tas ransel dan buku-buku yang lebih besar dari JD ke sekolah tersebut.

Suasana uji coba terbang drone untuk pengiriman logistik yang berlangsung di kawasan Parung Panjang, Jawa Barat. Foto: Antara/istimewa
Caption

Di Indonesia, JD.com bermitra secara joint venture dengan perusahaan e-commerce, JD.ID. JD.ID memulai operasi e-commerce di Indonesia sejak 2016 dan memiliki jaringan infrastruktur logistik yang terdiri dari sepuluh gudang di tujuh pulau di nusantara yang mencakup 483 kota dan 6.500 kecamatan.

"Kami sangat bangga dan senang sekali JD.ID bisa menjadi bagian dari peristiwa bersejarah di Indonesia dalam bidang lompatan dan pencapaian teknologi dengan dilakukannya uji terbang drone untuk yang pertama kalinya oleh sebuah perusahaan swasta," kata CEO JD.ID Zhang Li secara tertulis seperti diterima detikFinance, Selasa (22/1/2019).

Pengiriman paket dengan drone oleh JD.com. Foto: Youtube.com
Caption

Dilaporkan Antara, uji coba terbang drone resmi pertama di Indonesia tersebut mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, TNI AU.

Selain itu, terdapat dukungan dari Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia), Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), dan Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA).

Foto: Selular.id
Barang-barang yang dikirim dengan menggunakan drone tersebut adalah sebagian dari donasi tas ransel dan buku-buku yang lebih besar dari JD ke sekolah. Foto: Selular.id

Pelaksanaan uji terbang ini juga terwujud karena JD.com merupakan mitra strategis Forum Ekonomi Dunia (WEF) dan Pusat Revolusi Industri Keempat (C4IR).

Keberhasilan ini membuka peluang bagi penggunaan drone komersial di masa depan di wilayah Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Dengan penerapan drone, JD.id berharap bisa mewujudkan cita-citanya untuk dapat mengirimkan 85% pesanan pada hari yang sama atau keesokan harinya.

Head of Drones and Tommorrow's Airspace WEF, Timothy Reuter, menambahkan uji coba ini memberi peluang bagi Indonesia untuk menjadi pemimpin dalam bisnis pengantaran menggunakan drone. Hal ini, lanjutnya, akan bermanfaat dalam meningkatkan akses masyarakat terpencil untuk kebutuhan kesehatan, bantuan kemanusiaan, dan barang-barang komersil lainnya.

Pilih BanggaBangga33%
Pilih SedihSedih17%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau17%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Februari Ini Indonesia Akan Meluncurkan Satelit Baru Sebelummnya

Februari Ini Indonesia Akan Meluncurkan Satelit Baru

Ternyata Obat Virus Corona Terinspirasi dari Indonesia Selanjutnya

Ternyata Obat Virus Corona Terinspirasi dari Indonesia

Indah Gilang  Pusparani
@indahgilang

Indah Gilang Pusparani

http://www.indahgilang.com

Indah graduated from MSc Development Administration and Planning from University College London, United Kingdom in 2015. She finished bachelor degree from International Relations from University of Indonesia in 2014, with two exchange programs in Political Science at National University of Singapore and New Media in Journalism at Ball State University, USA. She was awarded Diplomacy Award at Harvard World Model United Nations and named as Indonesian Gifted Researcher by Australian National University. She is an Editor at Bening Communication, previously worked at the Commonwealth Parliament Association UK and a diplomacy consulting firm Best Delegate LLC in USA.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.