Indonesia Sukses Uji Coba Pengiriman Barang Menggunakan Drone

Indonesia Sukses Uji Coba Pengiriman Barang Menggunakan Drone
info gambar utama

Kecepatan pengiriman barang sangat penting bagi industri e-commerce yang mengandalkan platform digital. Untuk menjawab hal tersebut, mengirim barang menggunakan drone bisa menjadi solusi. Salah satu peritel online terbesar asal China JD.com menangkap peluang tersebut.

JD.com melakukan uji coba penerbangan drone perdana pada 8 Januari 2019, di kawasan Jawa Barat. Rute drone tersebut terbang dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles.

Barang-barang yang dikirim dengan menggunakan drone tersebut adalah sebagian dari donasi tas ransel dan buku-buku yang lebih besar dari JD ke sekolah tersebut.

Suasana uji coba terbang drone untuk pengiriman logistik yang berlangsung di kawasan Parung Panjang, Jawa Barat. Foto: Antara/istimewa
info gambar

Di Indonesia, JD.com bermitra secara joint venture dengan perusahaan e-commerce, JD.ID. JD.ID memulai operasi e-commerce di Indonesia sejak 2016 dan memiliki jaringan infrastruktur logistik yang terdiri dari sepuluh gudang di tujuh pulau di nusantara yang mencakup 483 kota dan 6.500 kecamatan.

"Kami sangat bangga dan senang sekali JD.ID bisa menjadi bagian dari peristiwa bersejarah di Indonesia dalam bidang lompatan dan pencapaian teknologi dengan dilakukannya uji terbang drone untuk yang pertama kalinya oleh sebuah perusahaan swasta," kata CEO JD.ID Zhang Li secara tertulis seperti diterima detikFinance, Selasa (22/1/2019).

Pengiriman paket dengan drone oleh JD.com. Foto: Youtube.com
Caption

Dilaporkan Antara, uji coba terbang drone resmi pertama di Indonesia tersebut mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, TNI AU.

Selain itu, terdapat dukungan dari Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia), Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), dan Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA).

Foto: Selular.id
info gambar

Pelaksanaan uji terbang ini juga terwujud karena JD.com merupakan mitra strategis Forum Ekonomi Dunia (WEF) dan Pusat Revolusi Industri Keempat (C4IR).

Keberhasilan ini membuka peluang bagi penggunaan drone komersial di masa depan di wilayah Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Dengan penerapan drone, JD.id berharap bisa mewujudkan cita-citanya untuk dapat mengirimkan 85% pesanan pada hari yang sama atau keesokan harinya.

Head of Drones and Tommorrow's Airspace WEF, Timothy Reuter, menambahkan uji coba ini memberi peluang bagi Indonesia untuk menjadi pemimpin dalam bisnis pengantaran menggunakan drone. Hal ini, lanjutnya, akan bermanfaat dalam meningkatkan akses masyarakat terpencil untuk kebutuhan kesehatan, bantuan kemanusiaan, dan barang-barang komersil lainnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini