Konjen RI dan Segudang Inovasi di Davao City

Konjen RI dan Segudang Inovasi di Davao City

Konjen RI di Davao City, Berlian Napitupulu, saat menerima penghargaan dari pemerintah setempat © Konjen RI Davao City

Satu lagi penghargaan didapatkan oleh Konsul Jenderal (Konjen) Republik Indonesia dari Dewan Kota Davao, Filipina. Penghargaan ini diberikan atas dedikasi dan kinerja Konjen RI di Davao City, Berlian Napitupulu, dalam memperkuat hubungan dan kerja sama antara Indonesia dengan Filipina Selatan, khususnya Davao City.

Dilansir dari siaran pers yang diterima GNFI, sertifikat penghargaan dikeluarkan berdasarkan Resolusi No. 03013-19, yang diputuskan secara bulat dalam Sidang Keempat Sesi Regular Dewan Kota pada 22 Januari 2019.

“Berlian Napitupulu selaku Konjen RI di Davao City telah memberikan keteladanan dalam tugasnya yang semakin memperkuat hubungan Indonesia dengan Davao City. Untuk itu, Dewan Kota Davao menyatakan layak bagi Konjen Berlian Napitupulu untuk diberikan penghargaan atas upaya dan kinerja yang telah ia berikan kepada Pemerintah Kota Davao.”

Kalimat tersebut merupakan isi dari sertifikat penghargaan yang disampaikan councilor Al Ryan S. Alejandre mewakili wali kota Davao, Sarah Z. Duterte dalam farewell dinner Konjen RI di Wisma Konjen, Selasa (22/1) lalu.

Farewell dinner Konjen RI | Foto: Konjen RI Davao City

Di perjamuan tersebut Berlian Napitupulu menjelaskan perkembangan positif hubungan bilateral Indonesia-Filipina, khususnya Filipina Selatan selama dua tahun lebih penugasannya di Davao City.

“Salah satu keberhasilan kerja sama kedua negara dalam dua tahun ini, antara lain kunjungan bersejarah Presiden RI Joko Widodo ke Davao City pada April 2017 untuk meresmikan jalur konektivitas Ro-Ro Davao-General Santos City-Bitung. Selain itu, kunjungan pertama Menteri Luar Negeri RI ke Davao, yaitu kunjungan Ibu Retno L. P. Marsudi untuk pemberian paspor gratis kepada Warga Negara Indonesia keturunan, yang telah memperoleh Surat Penetapan Kewarganegaraan RI,” terangnya.

Kemudian Konjen RI juga menjabarkan kegiatan-kegiatan bertema Indonesia yang pernah dihelat di Davao City. Di antaranya adalah 19 ekspo dan festival, 6 Indonesian Solo Trade Expo dan 13 pameran/festival ekonomi dan budaya. Rangkaian pameran ini dihadiri puluhan ribu pengunjung dan menghasilkan transaksi awal sebesar USD 3,1 juta.

Selain itu ada pula kursus bahasa Indonesa secara gratis kepada lebih dari 400 peserta pada tahun 2017-2018 dan 5 kali Indonesia Cooking Lesson tahun 2017, yang diikuti para chef dari hotel dan restoran ternama di Davao City.

Inovasi-inovasi yang dibuat Konjen RI ini mendapat apresiasi tinggi dari wali kota Davao City, Sarah Z. Duterte. Beliau menyatakan bahwa sejak kedatangan Konjen Berlian Napitupulu, hubungan Filipina dengan Indonesia semakin berkembang, terutama di hubungan perdagangan dan budaya.**

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Indonesia Sukses Uji Coba Pengiriman Barang Menggunakan Drone Sebelummnya

Indonesia Sukses Uji Coba Pengiriman Barang Menggunakan Drone

Reza Arap dipilih menjadi Co-Founder Anak Perusahaan YG Entertainment Selanjutnya

Reza Arap dipilih menjadi Co-Founder Anak Perusahaan YG Entertainment

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.