Maskapai Asal Vietnam Ini Menjajal Peruntungan di Langit Indonesia

Maskapai Asal Vietnam Ini Menjajal Peruntungan di Langit Indonesia
info gambar utama

Tahun ini, salah satu maskapai yang ingin mencoba peruntungan di langit Indonesia. Maskapai asal Vietnam, VietJet Air, kabarnya akan membuka rute baru ke Indonesia pada yang dimulai pada kuartal pertama tahun ini.

Penerbangan pertamanya direncanakan mulai pada bulan maret 2019 dengan rute Ho Chi Minh City-Denpasar yang memiliki durasi terbang selama 3,5 jam. Sedangkan rute Ho Chi Minh-Jakarta akan dibuka pada akhir 2019.

Polana B Pramesti, selaku Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, mengatakan bahwa pihaknya meminta VietJet untuk mengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam penerbangan Indonesia. Khususnya pada aturan operasional seperti keselamatan, keamanan, kenyamanan maupun aturan bisnis dan bilateral antar negara. Vietjet juga wajib memenuhi persyaratan yang diatur dalam KM 25 tahun 2008.

Sumber : JakartaPost
info gambar

"Kami menyambut baik dan memberikan fasilitas yang sama pada maskapai asing yang akan membuka penerbangan ke Indonesia, sesuai aturan-aturan yang berlaku. Tidak ada diskriminasi, namun juga tidak ada perlakuan khusus," ujar Polana yang dikutip pada Kabarbisnis.com

Untuk pelaksanaan penerbangan pada rute ke atau dari Indonesia, "Untuk perizinan operasi penerbangan ke/ dari Indonesia, Vietjet dapat mengajukan permohonan melalui sistem online yang ada di Ditjen Perhubungan Udara," kata Polana.

Vietjet merupakan maskapai asal Vietnam yang diijinkan oleh Pemerintah Vietnam untuk terbang ke Indonesia sesuai perjanjian hubungan udara bilateral RI - Vetnam dan multilateral ASEAN. Perjanjian tersebut ditandatangani pada 12 November 2010 lalu yang intinya adalah semua negara ASEAN secara resiprokal diperbolehkan melaksanakan penerbangan menuju destinasi ke negara-negara anggota ASEAN.

--

Sumber : KabarBisnis, TheJakartaPost

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini