Bedanya Perayaan Imlek di Berbagai Negara. Bagaimana di Indonesia?

Bedanya Perayaan Imlek di Berbagai Negara. Bagaimana di Indonesia?
info gambar utama

Tahun baru cina atau biasa disebut dengan Imlek akan segera tiba, tepatnya pada tanggal 5 februari 2019 nanti. Kemeriahan jelang imlek semakin dapat dirasakan. Beberapa persiapan juga dilakukan oleh masyarakat di berbagai wilayah.

Perayaan yang meriah ini tidak hanya dirasakan di cina saja, namun juga berbagai negara lain termasuk Indonesia. Bahkan setiap negara memiliki tradisinya masing-masing saat menyambut imlek.

Sumber : VisitSingapore
info gambar

Perayaan Imlek di Singapore bisa dikatakan begitu meriah. Negara dengan memiliki ragam latar belakang budaya termasuk tionghoa ini akan mengadakan perta kembang api di beberapa kawasan di Singapore. Selain itu, hiasan lampu juga mempercantik jalanan di sana. Keseruan lainnya adalah pertunjukan barongsai sampai parade di jalan raya.

s
info gambar

Tidak hanya negara-negara di Asia saja yang ikut merayakan Imlek, namun Australia juga merayakan Imlek dengan sangat meriah. Atmosfer Imlek dapat dirasakan di Chinatown, Sydney yang dimulai sejak awal tahun. Dekorasi serba merah juga menghiasi jalanan di sana.

Sumber : Okezone
info gambar

Begitu juga di Britania Raya. Meskipun berada di negara Eropa, parade menyambut Imlek dihadirkan di kota London. Seperti tarian khas, seni bela diri, sampai pertunjukan musik. Selain itu, restoran cina juga berlombal-lomba menyajikan makanan khas cina yang akan dinikmati oleh para tamu yang sedang merayakan imlek.

Sumber : indonesia-heritage.net
info gambar

Sedangkan di Indonesia, khususnya Singkawang - kota yang terletak di Kalimantan Barat - rutin merayakan Imlek karena sebagian besar warganya berdarah Tionghoa. Menariknya, perayaan Imlek tahun 2019 dan festival Cap Go Meh di Singkawang kali ini adanya atraksi 12 replika naga oleh sedikitnya 500 orang. Selain itu, juga akan ada ritual-ritual keagamaan dan juga festival kuliner. Dikutip dari Grid.id, berikut adalah jadwalnya :

  1. Minggu (3/2/2019), acara dibuka dengan pembukaan perayaan tahun baru Imlek 2570 dan Festival Cap Go Meh di kota Singkawang 2019 di Lapangan Kridasana, Jalan Kridasana, Kelurahan Sijangkung, Kecamatan Singkawang Selatan.
  2. Minggu (3/2/2019) sampai Rabu (20/2/2019), pentas festival seni dan budaya di lapangan Kridasana, Jalan Kridasana, Kelurahan Sijangkung, kecamatan Singkawang Selatan.
  3. Minggu (3/2/2019) hingga Rabu (20/2/2019) expo (UMKM dan promosi produk/jasa) di lapangan Kridasana, Jalan Kridasana, Kelurahan Sijangkung, kecamatan Singkawang Selatan.
  4. Minggu (17/2/2019), prosesi ritual buka mata replika 12 naga di Pekong (Vihara_red) Tri Darma Bumi Raya, Jalan Sejahtera, Kecamatan Singkawang Barat.
  5. Minggu (17/2/2019), festival lampion di Kota Singkawang.
  6. Senin (18/2/2019), prosesi ritual sembahyang dewa langit di Kota Singkawang.
  7. Senin (18/2/2019), stan wisata kuliner di Jalan Kepol Mahmud 2, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat.
  8. Selasa (19/2/2019), ritual tolak bala oleh Tatung di Kota Singkawang.
  9. Selasa (19/2/2019), altar dan lelang di Kota Singkawang.
  10. Selasa (19/2/2019), prosesi pembakaran 12 naga di Vihara Buddhayana, Jalan KS Tubun, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah
  11. Rabu (20/2/2019), penutupan perayaan tahun baru Imlek 2570 dan Festival Cap Go Meh Kota Singkawang 2019 di Lapangan Kridasana, Jalan Kridasana, Kelurahan Sijangkung, Kecamatan Singkawang Selatan.

Atraksi repikla Naga yang berjumlah 12 tersebut akan diperagakan oleh 500 orang di perayaan Cap Go Meh di Singkawang. Replika-replika tersebut dirakit di Sungai Pinyuh, kabupaten Mempawah, yang terbuat dari rotan dan bambu untuk rangkanya.

--

Sumber : Liputan6, Grid.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini