Banyuwangi Sebagai Kota Festival Terbaik Adakan 99 Festival di 2019

Banyuwangi Sebagai Kota Festival Terbaik Adakan 99 Festival di 2019
info gambar utama

Banyuwangi di Jawa Timur mendapat pengakuan sebagai kota festival terbaik oleh Kementerian Pariwisata karena tingginya peningkatan acara pariwisata tahunan yang diadakan di Banyuwangi.

"Pada 2012, Banyuwangi hanya mengadakan 12 acara. Pada 2018, jumlahnya melonjak menjadi 75 dan tahun ini ada peningkatan menjadi 99 acara di wilayah ini," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta pada Selasa seperti dikutip dari tempo.co.

Selain daya tariknya, kabupaten ini juga terus mengembangkan infrastruktur dan fasilitas untuk mendukung kegiatan pariwisata.

Festival Gandrung Sewu | Sumber: Liputan Jatim
info gambar

Arief menyebutkan, pada akhir tahun 2018, maskapai penerbangan berbiaya rendah Citilink memulai penerbangan dari Banyuwangi ke Kuala Lumpur di Malaysia. Rute domestik dari Banyuwangi ke Jakarta dan Surabaya juga tersedia. "Langkah seperti itu akan meningkatkan kedatangan wisatawan asing dan domestik di kawasan itu," tambahnya.

Tahun ini Banyuwangi menawarkan serangkaian acara pariwisata yang disebut "Majestic Banyuwangi Festival 2019". Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan festival ini akan menampilkan 99 acara sepanjang tahun: 28 acara olahraga, 17 acara musik, 16 acara kuliner dan inovasi, 30 acara keagamaan dan delapan acara digital dan "milenial".

Pada 19 Januari, misalnya, orang-orang dapat menghadiri Festival Lembah Ijen, sedangkan pada bulan Februari kabupaten ini dijadwalkan untuk mengadakan Chocolate Jazz dan Festival Makanan dan Festival Olahraga Pelajar.

Festival Keboan Banyuwangi | Sumber: Majalah Gempur
info gambar

Sementara itu, bulan April, September, dan Oktober akan mencakup periode yang paling penuh dengan acara, dengan acara seperti Toilet dan Festival Kali Bersih, Festival Keboan, Festival Ngopi Sepuluh Ewu, Festival Anak Soleh, dan Festival Merah Putih.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini