Singkawang Siapkan 12 Replika Naga Untuk Tahun Baru Imlek

Singkawang Siapkan 12 Replika Naga Untuk Tahun Baru Imlek
info gambar utama

Menyambut Tahun Baru Cina dan Cap Go Meh (hari ke 15 bulan pertama kalender lunar), Grup Saint Yosep Singkawang telah menyelesaikan 12 replika naga bulan, seperti dikutip dari kompas.com.

Bong Sin Fo, pemimpin proyek replika naga bulan, mengkonfirmasi bahwa semua 12 replika telah selesai 100 persen.

Dikutip dari Kompas.com ia mengatakan bahwa di Singkawang, Kalimantan Barat, pada hari Senin bahwa timnya akan memindahkan setiap naga dari penyimpanan ke tenda yang akan menampung mereka di Jl. Alianyang, di sebelah Singkawang Grand Mall.

Orang-Orang Tionghoa di Singkawang | Sumber: Tirto
info gambar

Ketika semua 12 naga telah dipindahkan dan diatur tampilan tersebut akan diresmikan tiga atau empat hari sebelum Tahun Baru Imlek.

“Kami sadar bahwa sebagian besar perayaan Cap Go Meh didominasi oleh sejumlah tatung [orang-orang yang dirasuki oleh dewa atau oleh roh leluhur], tetapi kami yakin akan menarik perhatian pada pertunjukan dengan 12 naga ini. Ini juga akan memberi lebih banyak keragaman bagi Cap Go Meh,” kata Bong Sin Fo.

Untuk perayaan Cap Go Meh sebelumnya pada 2018, kelompok Bong Sin Fo menyajikan sembilan replika naga, dan ini membuat mereka menerima pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pembuat pajangan naga dengan jumlah tertinggi.

Salah satu replika naga dijadwalkan akan menggelar pertunjukan pada 17 Februari bersama singa barongsai dan kilin (singa barongsai peringkat tertinggi).

Kemeriahan Cap Go Meh di Singkawang | Sumber: Batas Negeri
info gambar

Pada kesempatan terpisah, koordinator bagian hubungan masyarakat Singkawang Imlek (Tahun Baru Cina) dan Cap Go Meh, Budiman, mengatakan persiapan untuk dua hari libur itu hampir sepenuhnya selesai.

"Kami belum pernah menemui kendala berarti hingga sekarang," Budiman mengatakan kepada kompas.com.

Dia memberi jaminan bahwa perayaan di Singkawang akan semeriah tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini kami merasakan hype yang meningkat. Ke-12 naga itu akan membuat perayaan itu semakin menarik, ”kata Budiman


Sumber: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini