Cobain Yuk! Inilah Beberapa Salad Khas Indonesia (Part II)

Cobain Yuk! Inilah Beberapa Salad Khas Indonesia (Part II)
info gambar utama

Di negara-negara Eropa, Salad adalah menu atau hidangan sehari-hari masyarakatnya. Biasanya Salad dikonsumsi ketika sarapan atau makan malam. Salad di Eropa menggunakan campuran buah, sayur dan mayonaise sebagai sausnya.

Hampir sama dengan di Indonesia, negara kita memiliki menu yang hampir sama dengan di Eropa. Salad di Indonesia menggunakan sayur dan terkadang ada tambahan buah, dengan saus kacang yang gurih. Selain itu, Salad di Indonesia memiliki keunikan masing-masimg, tergantung asal salad tersebut. Di kutip dari TribunNews, ternyata salad Indonesia bukan hanya Gado-gado saja lho, berikut macamnya :

Sumber : wanakulinerindonesia
info gambar

4. Karedok

Menu salad Indonesia ini adalah makanan khas Sunda. Karedok terbuat dari bahan-bahan sayuran mentah seperti : mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan beberapa restoran menambahkan terong.

Sausnya terbuat dari bumbu kacang yang dicampur dengan cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam dan terasi.

Keistimewaan karedok bersumber dari bahan-bahannya yang masih segar dan sedikit renyah saat dikunyah.

Sumber : Cookpad
info gambar

5. Lotis

Jika sebelumnya semua Salad khas Indonesia berbahan kombinasi antara buah dan sayur, yang satu ini hanya berisikan potongan buah saja. Lotis adalah makanan dengan bahan-bahan seperti buah mentah yang dipotong-potong, dan dicelup dengan sambal manis terbuat dari gula jawa, cabai, garam, dan lain-lain. Umumnya, Lotis juga disebut dengan Rujak. Bedanya potongan buahnya agak besar dan tipis, gunanya untuk mengambil/menyendok bumbunya.

Sumber : KeepRecipes
info gambar

6. Gado-Gado

Gado-gado adalah salah satu salad Indonesia yang sangat terkenal. Bahan-bahannya terdiri dari sayur-sayuran yang telah direbus, lontong, dan dicampur dengan saus bumbu kacang. Kemudian ditaburi bawang goreng, emping goreng dan kerupuk.

--

Sumber : TribunNews, Wikipedia, KeepRecipes, Cookpad, WanakulinerIndonesia.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini