Pakai SIMPEL, Agar Dinas Luar Negeri Semakin Simpel

Pakai SIMPEL, Agar Dinas Luar Negeri Semakin Simpel

Acara Setneg Mantul di Taman Air Mancur Kemensetneg (29/1) © Kemensetneg

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Republik Indonesia meluncurkan inovasi dalam mempercepat alur perizinan dinas luar negeri. SIMPEL namanya, yang membuat mekanisme perizinan lebih efektif dan efisien.

SIMPEL diperkenalkan pada 29 Januari 2019 lalu di acara Setneg Mantul (Mantap Betul), yang berlokasi di Taman Air Mancur Kementerian Sekretariat Negara. Acara yang dikemas dengan diskusi santai ini turut dihadiri oleh para admin media sosial kementerian/lembaga.

Dilansir dari siaran pers yang diterima GNFI, acara Setneg Mantul menitik beratkan pada umpan balik bagi peningkatan kualitas pelayanan publik oleh Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri (Biro KTLN), para pemangku kepentingan, dan pengguna layanan memberikan masukan dan membagikan pengalamannya, terkait kerja sama teknik luar negeri.

Cara kerja SIMPEL sangat sederhana. Aplikasi ini dapat mempercepat proses penerbitan surat persetujuan pemerintah atas Perjalanan Dinas Luar Negeri (PDLN) yang dilakukan pejabat negara, pejabat lainnya, PNS, pegawai BUMN/BUMD, dan tenaga Indonesia yang ditugaskan oleh lembaga negara, atau instansi pemerintah yang didanai oleh APBN/APBD maupun oleh mitra kerja sama teknik.

Dengan kata lain, inovasi Biro KTLN ini memberi kemudahan bagi penggunanya untuk mendapat surat izin keberangkatan dalam Perjalanan Dinas Luar Negeri.

“Setelah ada SIMPEL, prosesnya menjadi lebih sederhana dan kami cukup melakukan melalui komputer dan aplikasi handphone serta dapat melhat feedback-nya secara langsung,” ujar Adi Nuryanto dari Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain SIMPEL, di acara ini KTLN juga memperkenalkan SIMPRO, sebuah basis data terintegrasi yang memuat informasi mengenai proyek kerja sama pembangunan antara pemerintah Indonesia dengan mitra. SIMPRO akan menjadi basis data nasional yang akurat, kemprehensif, interaktif, dan dapat diakses oleh publik.**

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Doa Pramekers Terkabul, Tiket Prameks Bisa Dibeli Online! Sebelummnya

Doa Pramekers Terkabul, Tiket Prameks Bisa Dibeli Online!

BRI Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia Selanjutnya

BRI Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.