Program PINTAR Direplikasi Besar-besaran

Program PINTAR Direplikasi Besar-besaran

Para peserta pelatihan Program PINTAR © Tanoto Foundation

Modul Satu Program PINTAR baru saja direplikasi secara besar-besaran. Diinisiasi oleh Tanoto Foundation yang menggandeng Kementerian Agama Kota Balikpapan, kegiatan ini mengandung pembelajaran aktif ke semua Madrasah Ibtidaiyah se-kota Balikpapan yang berjumlah 24 sekolah.

Peserta pelatihan terdiri dari seluruh guru dan kepala sekolah dari 24 madrasah tersebut, yang jumlahnya mencapai 289 orang, kecuali yang sudah mendapatkan pelatihan sebelumnya dari Tanoto Foundation.

“Semua guru, bahkan guru agama, dari Madrasah Ibtidaiyah di Balikpapan, kita ikutkan dalam pelatihan ini,” urai Spesialis Pembelajaran Sekolah Dasar Tanoto Foundation Kaltim, Khundori, dikutip dari siaran pers yang diterima GNFI.

Penyebarluasan pelatihan atau sering disebut diseminasi ini adalah tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya, yaitu Pertemuan Stakeholder yang dilaksanakan sekitar bulan Desember 2018, terkait peningkatan mutu pendidikan di Balikpapan.

Kemenag Balikpapan bertekad menyebarluaskan praktek baik pembelajaran ke semua pendidik di madrasah, tidak hanya Madrasah Ibtidaiyah, tapi juga ke Madrasah Tsanawiyah yang ada di Balikpapan.

“Saya berharap, dengan pelatihan yang diperuntukkan untuk semua guru Madrasah Ibtidaiyah yang ada di Balikpapan ini, satu tahun ke depan ini kita akan mengalami perubahan besar-besaran. Kualitas pembelajaran di semua madrasah meningkat pesat dan orang tua siswa semakin tertarik menyekolahkan anaknya ke madrasah,” ujar Kasi Pendidikan Madrasah, Sartono, mewakili Kepala Kemenag.

Suasana di pelatihan Program PINTAR | Foto: Tanoto Foundation

Harapan dari diadakannya pelatihan besar-besaran ini adalah agar semua guru madrasah memiliki kesamaan visi tentang bagaimana pembelajaran yang baik, cara penyampaian, dan kontennya. Sebab, metode pembelajaran sangat penting untuk menarik minat siswa agar tertarik untuk belajar.

Pelatihan untuk 289 pendidik ini dilakukan sebanyak tiga gelombang dan dilaksanakan di dua tempat, yakni di Aula Rujab Bupati dan MI Sentral Cendekia Muslim. Setiap gelombang terbagi menjadi dua kelompok. Pelatihan ini akan berlangsung sampai pertengahan Februari 2019.

Sebelumnya sekitar bulan Oktober 2018, Tanoto Foundation telah melatihkan pembelajaran aktif untuk pendidik dari empat Madrasah Ibtidaiyah Mitra Tanoto Foundation di Balikpapan, yaitu Madrasah Ibtidaiyah NU, Al Ula, Sentra Cendekia Muslim dan MIN 1 Balikpapan.

Masing masing madrasah mengirimkan tujuh guru. Sisa guru yang belum terlatih di masing-masing madrasah tersebut kemudian ikut pelatihan replikasi ini.**

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Pakai SIMPEL, Agar Dinas Luar Negeri Semakin Simpel Sebelummnya

Pakai SIMPEL, Agar Dinas Luar Negeri Semakin Simpel

Tok! Provinsi ini Diputuskan akan Menjadi Lokasi Baru Ibukota Negara Selanjutnya

Tok! Provinsi ini Diputuskan akan Menjadi Lokasi Baru Ibukota Negara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.