Untuk kalian yang memiliki rencana untuk mengunjungi kota Gudeg, Yogyakarta di antara tanggal 1 dan 28 Februari kalian akan dapat menikmati Festival Jogja Heboh. Dimana pada periode waktu ini promosi kamar hotel, pasar murah, festival kuliner, dan pertunjukan musik sedang diadakan.

"Ada banyak penawaran diskon untuk mereka yang menginap di ratusan hotel dan restoran yang tergabung sebagai anggota dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia [PHRI] di Yogyakarta," ucap ketua panitia festival Arif Effendi di Yogyakarta, Kamis sebagaimana dikutip dari tempo.co.

Tawaran diskon dikatakan berkisar antara 10 hingga 60 persen, ujar Arif. "Secara total ada 200 hotel PHRI di Yogyakarta yang berpartisipasi dalam program ini, termasuk hotel berbintang dan non-berbintang."

Adapun di daerah istimewa ini sendiri terdapat sekitar 800 buah hotel.

Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta | Sumber: Daka Tour
Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta | Sumber: Daka Tour

Selain dari tarif kamar yang lebih murah, beberapa hotel yang berpartisipasi juga akan menawarkan promosi makan malam.

Arif menuturkan paket wisata murah di Jogja Heboh ini bertujuan menghapus stigma bulan Februari yang kerap menjadi ketakutan di industri perhotelan. Sebab di bulan itu, kunjungan wisata biasanya sangat rendah dan okupansi hotel paling banter hanya 30 persen.

Promosi Festival Jogja Heboh diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisata dan menggeliatkan kembali sektor pariwisata di Yogya. "Semoga festival ini dapat membantu meningkatkan pariwisata di Yogyakarta, meningkatkan tingkat hunian hingga 10 hingga 20 persen.," ujarnya.

Jalan Malioboro | Sumber: Harian Merapi

Sebelumnya, ketua PHRI Yogyakarta Istijab M. Danunagoro mengatakan tingkat hunian hotel kota pada awal Januari mencapai 70 persen bagi mereka yang berada di pusat kota, dan 60 persen untuk hotel di luar pusat kota.

"Jadi acara kreatif diperlukan untuk meningkatkan kedatangan wisatawan," tambahnya. Selain dari promosi hotel, Istijab mengatakan anggota Asosiasi Agen Perjalanan dan Wisata Indonesia (ASITA - Association of Indonesian Tours and Travel Agencies) di Yogyakarta juga akan menawarkan paket perjalanan diskon dan mempromosikan berbagai tujuan baru di kota.


Sumber: Tempo.co | Jakarta Post

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu